oleh

Dugaan Money Politic Beredar Di Masyarakat , Ini Tanggapan Bawaslu Muba dan Pemuda Pengamat Politik Intelek

MUBA, MATAINVESTIGASI.COM — Terkait isu dugaan banyaknya Money Politik (Politik Uang) yang berkembang di masyarakat, karena semakin dekat dengan hari pesta demokrasi , semakin banyak temuan – temuan yang di dapat baik sembako maupun langsung berupa uang.

Salah satu tantangan berat untuk mewujudkan pemilu demokratis di Indonesia (dan di manapun) adalah maraknya politik uang. Karena itu politik uang dalam sistem hukum pemilu kita diancam dengan sanksi yang berat, baik sanksi administrasi maupun pidana.

UU No.7/2017 Tentang pemilu, politik uang dilarang berdasarkan beberapa pasal misalnya pasal 280 ayat 1, pasal 284, apabila terbukti menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imabalan secara langsung atau tidak langasung, akan ditindak secara pidana. Pasal 515 dan pasal 523 terkait pelanggaran bisa diancam pidana antara 2 sampai 4 tahun kurungan atau denda 24 juta samapai 48 juta rupiah.

Bawaslu Musi Banyuasin melalui Husni Mubarok dari Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Musi Banyuasin menyikapi maraknya Money politic (Politik Uang) “adalah pelanggaran yang berat. Maka kami Bawaslu Kabupaten Musi Banyuasin sangat serius terhadap Money Politik yang di lakukan oleh pelaku politik maupun masyarakat, “Kata Husni Saat dimintai keterangan melalui aplikasi Whatsappsnya.

Sementara itu Menurut pendapat Dody Armansyah selaku pengamat Pemilu dan Politik Dari Gerakan Pemuda Intelek Musi Banyuasin mengatakan,”Siap – siap saja bagi Caleg – caleg yang bermain Money Politic ,sanksi akan mendekati dan mari kita tunggu saja di Hari Pesta Demokrasi, “kata dody saat dibincangi awak media,Selasa (19/03/2019).

Ia menghimbau ,”untuk masyarakat cerdaslah dalam memilih Wakil Rakyat jangan hanya karena uang kita menyia – yiakan hak pilih dan menanggung semua konsekuensi selama 5 tahun ,sangat di sayangkan jika semua itu membuat kita menyesal atas pilihan kita sendiri. Marilah kita pilih wakil rakyat yang mempunyai program Visi – Misi yang nyata tanpa bermain Dengan Money Politic, “Tutup Dody. (Riyan).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed