oleh

Sudah Beroperasi Galian C Gunung Cipanas di Duga Belum Kantongi Izin

Bandung, Matainveatigasi.com — Kegiatan galian pertambangan gunung Cipanas yang berlokasi di Jln Cipanas Desa Nanjung Mekar Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung kembali beroprasi, diduga pelaksana galian C. PT Zapana Anugrah Sejahtera di duga kuat belum mengantongi izin galiannya. Ketika akan di konfirmasi kamis 27-03-19 pukul: 10:40 wib, pihak pelaksana tidak ada di tempat galian yang sedang beroperasi.

Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat sekaligus sesepuh gunung Cipanas H. Agus Sudarsono (HAS) menjelaskan ” pelaksana galian C sepertinya belum memiliki izin dari pihak intansi terkait, pasalnya kami warga sekitar gunung Cipanas belum pernah ada dari pihak pelaksana galian berkordinasi, sosialisasi, dan meminta izin warga atau tetangga akan dilaksakan galian tersebut ” jelasnya.

Lanjut HAS, seharusnya sebelum giat ini dilaksanakan, galian C tersebut sudah harus kantongi perizinanya dari dinas terkait, yakni pemkab dan pemprov, sebab gunung cipanas tersebut di takutkan gunung yang aktif, khawatir juga ” imbuhnya.

Kemarin, beberapa hari kebelakang sering terjadi kecelakaan penguna kendaraan R2 terjatuh, bahkan pingsan, ada juga sampai dibawa kerumah sakit karena luka parah, karena semenjak beroprasi galian c tersebut banyak tanah yang tumpah jatuh ke jalan, dan ruas jalan licin tersiram air hujan, selain licin debu juga berterbangan, apabila cuaca panas, dan menggangu pernafasan,” ungkapnya.

Camat Rancaekek Baban Banjar FS. M.Si, menjelaskan singkat, ” kami pihak muspika Rancaekek hanya dapat memberi rekomondasi saja, masalah perizinan galian C itu kewenangan pihak Pemkab dan Pemprov.

Beroprasinya galian c tersebut, dan belum memiliki izin, Satpol PP Kecamatan tidak bisa melakukan pemberhentian, kerena kewenangan itu ada di Satpol PP Kabupaten dan Provinsi, kami hanya lakukan pelaporan ke pihak intansi yang berwenang, ” tutur baban.

Kabid Penegak Per Undang-undang (Gakperunda) Kabupaten Bandung, Oki Suyatno S.Si, “Galian C Gunung Cipanas sudah dilakukan verifikasi ke lapangan pada hari rabu 26 maret pukul 10.30 Wib oleh tim gabungan dari Dinas ESDM Prop, DLH, dan DPMPTS, Satpol pp mendorong dinas-dinas terkait melakukan penanganan sesuai kewenangan kelokasi kegiatan galian pertambangan PT Zapana Anugrah Sejahtera di Blok jln Cipanas Rt 02/13 Desa Nanjung Mekar Kecamatan Rancaekek. Ungkap Oki lalui pesan aingkat (WA), kamis 27 maret pukul 11.00 Wib.

Oki menjelaskan, benar pihak pelaksana belum bisa perlihatkan izin galian c tetsebut, oleh karena itu kami besok Jum’at akan memanggil pihak pelaksana PT Zapana Anugrah Sejahtera supaya dapat di verifikasi dan dibuat berita acara. (jfr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed