Babinsa Siaga Tanggap Bencana Alam

Majalengka, Matainvestigasi.com — Aksi tanggap darurat bencana yang dilakukan oleh Babinsa terhada bencana yang ada diwilayah dilakukan bersama-sama dengan aparat terkait lainnya. Akibat intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari ini mengakibatkan terjadinya bencana dibeberapa daerah.
Seperti pergeseran tanah diakibatkan hujan lebat dan lama di Blok Lame Laut RT. 009 RW. 003 Desa Mekarmulya Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, kemaren Selasa (8/4).

Dengan terjadinya bencana pergeseran tanah ini, terdapat 17 unit rumah mengalami kerusakan dan perhatian bersama.

Upaya yang dilakukan oleh para TNI yaitu Babinsa diwilayah tersebut membantu meringankan beban memasyarakat dengan mendata dan evakuasi warga kerumah sanak family yang terdekat dan membantu perbaikan rumah warga.

Selain itu, Babinsa melakukan koordinasi dengan aparat terkait seperti BPBD, Pemda setempat untuk merelokasi warga yang terdampak dari pergeseran tanah tersebut.

Selanjutnya, ” Babinsa dan Babinkamtibmas bersinergi menutup jalan dan menghimbau kepada pengguna jalan untuk sementara karena arus jalan dialihkan dari arah Majelengka, kuningan ke Jalan Cidulang, Jalan Cipulus, Jalan Karang Anyar dan Jalan Kuningan. Kemudian membuang Matrial batu yang menutup di badan jalan.

Ditempat terpisah, telah terjadi bencana tanah longsor dan banjir di Kecamatan Cikijing.
Koramil 1705/Cikijing bersama Muspida dan BPBD untuk melaksanakan patroli dan mengamankan warga terdampak banjir guna mencegah terjadinya korban jiwa.

Selanjutnya, mengecek sumber sumbutan air yang tersumbat. Langkah selanjutnya akan dilaksanakannya rapat evaluasi di Ruang Pendopo Kabupaten Majalengka. (Pendam III/Siliwangi). #chox

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *