oleh

Pengerukan Jembatan Biru Oxbow ” Cegah Banjir ” Angkat Lumpur dan Sampah Lama Mengendap

Bojongsoang, Matainvestigasi.com — Oxbow Jembatan Biru yang menjadi Icon Sektor VI wilayah Bojongsoang Kabupaten Bandung, perbatasan dengan Baleendah, sempat di tenggelam, akibat banjir yang mengepung beberapa kecamatan. Bahkan Kali Mati atau sungainya sempat mengering, di karenakan jebolnya beronjong lama yang selalu tergerua air dengan arus yang cukup deras, dampaknya menyisakan lumpur dan sampah lama, menjadikan pemandangan yang kurang elok dan nyaman.

Terpantau langsung di lapangan wilayah Sektor VI Subsektor Bojongsoang, alat berat jenis becho long arm sedang beroperasi untuk penataan sedimentasi jembatan biru. Sertu Yunandi selaku Dantim menjelaskan ” mulai hari senin tanggal 29-04-19 alber melaksanakan pengerukan sedimentasi sungai pasca banjir beberapa hari yang lalu, hujan deras yang mengakibatkan banjir besar di wilayah bojongsoang ” ucapnya.

Lanjut Yunadi ” selain itu juga membuat saluran air, dari citarum ke sungai cikapundung, sesuai debit dan arah aliran air citarum cikapundung, yang selama ini menjadi kendala karena arus air cikapundung deras mengalir ke sungai citarum, dengan demikian kita adakan perubahan jalur air untuk memperlancar aliran air ke sungai cikapundung.

Ketua Rt 07 Uus dan RT 02 Rudi ” selain itu juga banyak rumah dan kebun warga seputaran bantaran untuk di bantu peninggian tanahnya, dari tanah pengerukan, dengan adanya pengerukan tersebut, kita buat tanggul di bantaran sesuai debit air, supaya kedepanya akan mengurangi resiko banjir, dengan kegiatan pengerukan tersebut, warga antusias melihat dan menyampaikan banyak terima kasih atas kinerja TNI,perubahan jalur air dan peninggian tanggul yang selama ini kami harapkan ” paparnya. (chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed