Nanjung Limbah Bebas Landas, Bukti Citarum Tidak Aman, Pengawasan Lemah

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Pengawasan Citarum harusnya lebih mantap lagi, setelah kurun waktu hampir dua tahun. Sungai Citarum terlihat hitam pekat di wilayah Jl. Raya Nanjung Kutawaringin, dan sampahnya banyak berserakan di pinggir jalan utama, menandakan wilayah tersebut berkesan terabaikan. Cukup ironis Program Citarum yang di unggulkan menjadi lebih baik ke depannya, bisa jauh dari harapan, tanpa ketegasan pasti (02/07).

Citarum

Saat di telusuri di lokasi sungai citarum, terlihat tampak derasnya air berwarna merah, abu-abu berbusa, keluar sangat derasnya melalui sungai kecil dekat dinding tembok batas Pabrik Gistex bebas mengalir menuju citarum untuk berbaur menjadi warna warni hiasi sungai.

Sungai kecil

Dalam penelusuran sungai kecil samping Gistex bertemu dengan Rudi petugas Operator WT (air bersih), dia menjelaskan ” ini bukan dari limbah gistex, kita olah limbahnya cukup baik, tapi sebelum pemilu, sungai ini bersih, setelah itu jadi seperti ini, di perkirakan ini dari atas cibaligo (margaasih) ” jelasnya.

” buangan limbah kami (gistex) central di atas, yang sudah di proses di buang ke citarum, lalui pipa di atas, karena tidak ada lagi salurannya, kecuali di atas sana, dekat proyek.

Dirinya menambahkan, ” kita sering di kontrol satgas citarum, baru kemarin Dansektornya berkunjung ke gistex, karena dansektornya baru, kita masuk sektor 8, yang lama sudah di ganti ” ucap Rudi. (chox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *