Padamkan Kebakaran Lahan PPU, TNI Bantu Turun Tangan

SAMARINDA. Matainvestigasi.com – Sejumlah Personel TNI dari 0913/Penajam Kodim 0913/Penajam Paser utara (PPU) bersama tim pemadam kebakaran dan masyarakat melakukan pemadaman api yang membakar semak belukar di RT 1 Kelurahan Sungai Parit Kecamatan Penajam Kab. PPU tepatnya di belakang Kantor Pemkab PPU, Rabu (24/07/2019) sore.

Babinsa Sungai Parit Serda M Khusaini menuturkan “Kebakaran ini sudah beberapa kali terjadi di wilayah tersebut. Sedikitnya 5 hektar semak belukar ludes di lahap si jago merah, Untuk sumber api dan pemilik lahan masih dalam penyelidikan oleh pihak yang berwajib”.

“Terus terang kami terkendala dengan cuaca karena menjelang Maghrib. Pemadaman kebakaran ini hanya menggunakan cara tradisional berupa ranting pepohonan dan di pukulkan ke arah titik api, dan alhamdulillah bisa di padamkan sebelum gelap,dan apabila api tidak cepat kita dipadamkan, kebakaran bisa merambat hingga ke hutan lindung milik Pemkab ”ujarnya.

Sedangkan Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud S.Ip tak henti-hentinya terus menekankan kepada seluruh jajarannya khususnya para babinsa untuk terus memonitor wilayah binaannya dan melaporkan setiap ada kejadian kebakaran di wilayahnya secepat mungkin guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dandim juga menghibau kepada masyarakat, “Sekali lagi dihimbau kepada masyarakat pemilik kebun di wilayah Kabupaten PPU dilarang keras untuk membakar lahan perkebunan selama musim kemarau ini, karena sangat mudah menimbulkan kebakaran dan bisa merugikan bagi masyarakat pemilik kebun”. Penrem 091/ASN. #chox

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *