oleh

Bule Jerman Sisir Sungai Ambil Sampah Yang Mengapung di Oxbow Bojongsoang

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Sosok bule asal jerman Karsten Hirsch dan Morris tak pernah henti amati citarum, bahkan dirinya sempat turun langsung bersihkan sungai di sektor VI oxbow bojongsoang, dengan membawa serokan jaring dan berdiri di atas katamaran untuk ambil sisa sampah hanyut yang mengapung di atas sungai, di temani oleh Prada Rajiman dan satgas lainnya (19/08).

Menurut Karsten ” saya sangat suka berada di lokasi ini, dan saya juga ingin tahu lebih dalam lagi bagaimana ini bisa terjadi dan di lakukan ke depannya, saya ingin bantu untuk solusinya, saya juga sudah biasa akan hal ini ” ucapnya.

Setelah melihat tumpukan sampah yang begitu banyak. ” saya sangat tertarik untuk membuat teknologi di derah pembakaran itu ( bojongsari), saya tahu pembakaran itu akan menambah masalah, saya ingin bekerja sama dengan TNI, khususnya satgas citarum, serta masyarakat sekitar untuk membersihkan dan mengatasi maslah yang selama ini ada di citarum ” jelas karsten.

” Saya berencana akan membuat satu terobosan, yaitu pengolahan sampah yang akan di daur ulang menjadi minyak, menjadi bahan daur ulang yang mempunyai nilai ekonomis, agar tidak akan terjadi lagi pembakaran.

 

Karsten dan rekannya (moris) kembali menelusuri sektor VI, dengan meneliti ulang, agar saat ini dia memiliki data yang lebih aktual di lapangan, agar nanti kelak dirinya tidak salah perhitungan dalam menanggulangi sampah ke depannya.

Dia menambahkan ” sudah dua minggu saya di sini, dan saya kelak akan pulang ke jerman untuk bicarakan hal ini, dan akan kembali lagi kemari ” tutup karsten. (chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed