Pangdam VI/Mulawarman Buka Gladi Posko, Prajurit Sigap Hadapi Bencana

KOREM091 SAMARINDA, Matainvestigasi.com  – Dalam rangka kesiapsiagaan dalam tanggap darurat bencana alam, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) laksanakan pembukaan latihan Posko I “Sampan Manuntung 01” Bencana Alam Banjir di Aula Wira Yudha Korem 091/ASN, Selasa (3/9/2019).

Adapun tema latihan, yakni, “Korem 091/ASN melaksanakan operasi bantuan kepada Pemda di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka membantu penanggulangan bencana banjir”.

Sebagai latihan taktis tanpa pasukan, Latihan Posko I bertujuan melatih unsur komandan dan staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuan, baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Kegiatan Latihan Posko I Korem 091/ASN yang dilaksanakan saat ini memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 091/ASN dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas ke-wilayahan, terutama dalam memberikan bantuan kepada pemda untuk meng-atasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayahnya. Hal tersebut merupakan aplikasi pelaksanaan tugas dan tanggungjawab pemerintah daerah dan Korem sesuai dengan UU RI No 24 Tahun 2007 pasal 5 dan 6 tentang penanggulangan bencana alam, jelas Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto saat Briefing Latihan Posko I Korem 091/ASN TA 2019.

Pemilihan materi latihan berkaitan dengan penanggulangan bahaya banjir di wilayah Korem 091/ASN, karena bencana banjir salah satu hal yang sering terjadi saat ini di wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma. Di sisi lain, Latihan Posko I mengantisipasi dan menanggulangi bencana banjir yang direncanakan sekaligus menguji berbagai protap satuan dalam penanggulangan bahaya banjir melalui aturan pelibatan semua stake holder di wilayah apabila terjadi bencana guna mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya korban jiwa dan kerugian lainnya, tuturnya.

Hadir dalam acara tersebut Danrem 091/ ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono, Danrindam VI/Mlw Kolonel Inf Irwan Subekti, Kasrem 091/ ASN Kolonel Inf Ruslan Efendy, Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Jones Sasmita Muliawan S.I.P, Irdam VI/Mlw Kolonel Inf I Nyoman Parwata, Kapok Sahli Kolonel Jauhari, Para Kasi Rem 091/ ASN, Para Dan, Kabalak jajaran Korem 091/ ASN dan Para Dandim jajaran Korem 091/ASN.

Sumber Penrem 091/ASN.#chox

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *