Pengobatan Massal Di Tapal Batas di Gelar Satgas Pamtas Yonif Raider 300

Distrik Yaffi Papua, Matainvestigasi.com – Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw dipimpin langsung Dansatgas Mayor Inf Ary Sutrisno S.I.P. bersama personel puskesmas Kp. yabanda menggelar pengobatan massal di wilayah terpencil Kp. Mamblo, Distrik Yaffi, Kab. Keerom Prov. Papua, Senin (30/9).

Pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa terpencil Kp. Mamblo dilaksanakan atas permintaan Kepala Kampung Mamblo yang bertemu Tim Patroli Patok Batas Pos Yabanda pada saat pelaksanaan patroli pengecekan patok batas ditengah lebatnya hutan belantara.

Permintaan Kepala Kampung ini kemudian dilaporkan kepada Dansatgas, selanjutnya Danpos Yabanda Letda Inf Asep Nana menyusun perencanaan yang matang dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Adapun Kp. Mamblo ini pada awalnya merupakan warga yang tinggal di pegunungan perbatasan RI-PNG dan sangat terisolir dari perhatian dunia luar, dimana sebagian besar dari mereka tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan tidak ada satupun warga ataupun anak-anak yang mengikuti pendidikan formal. Kehidupan mereka pun sehari-hari hanya bergantung dari alam secara terbatas, sehingga tak jarang diantara mereka sering terganggu masalah kesehatan. Oleh karena itulah Satgas Yonif Raider 300/Bjw, merasa perlu memberikan uluran tangan kepada saudara-saudara kita, katena TNI Lahir Dari Rakyat, Ooleh Rakyat Dan Untuk Rakyat.

Perjalanan menuju Kp. Mamblo tidaklah mudah, dari kampung terdekat Kp. Yabanda menggunakan kendaraan selama 1 jam menuju batas akhir jalan, dilanjutkan berjalan kaki selama 3 jam menembus belantara menyusuri jalan setapak pegunungan dan menyeberangi sungai, hal ini tidak sedikitpun mengendurkan semangat personel Satgas Yonif Raider 300/Bjw, keceriaan yg terpancar selama perjalanan membulatkan tekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kp. Mamblo.

Adapun tujuan dari pengobatan massal ini sendiri adalah sebagai upaya dini mengecek kesehatan warga khususnya kepada 187 warga perbatasan di kp. Mamblo, dengan pengecekan kesehatan dini ini diharapkan warga yang memiliki riwayat penyakit yang kronis dapat dideteksi lebih awal. Jika penyakit sejak awal terdeteksi, maka akan mudah dalam penanganan selanjutnya, “ungkap dokter Satgas Yonif Raider 300/Bjw, Letda CKM dr. Dwi Wahyu.

Dalam kegiatan pengobatan, pada saat para orang tua mengantri berobat, anak-anak usia dini juga dikumpulkan untuk diberikan tips dan trik cara hidup sehat, seperti cara menggosok gigi yang benar yang dilanjutkan dengan permainan untuk memupuk kerjasama, kekompakan dan rasa cinta tanah air.

Kegiatan pengobatan massal ini mendapat sambutan hangat dari warga perbatasan dan mereka sangat bersyukur serta mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif Raider 300/Bjw, yang telah memberikan bantuan pelayanan kesehatan, kegiatan pengobatan ini baru pertama kali dilakukan dan hanya TNI yang datang ke kampung Mamblo ini.

Mayor Inf Ary Sutrisno S.I.P selaku Dansatgas Yonif Raider 300/Bjw mengungkapkan bahwa, ” kehadiran TNI yang bertugas diperbatasan harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat di wilayah terpencil yang masih kurang mendapatkan perhatian. Rasa lelah dan letih kami seolah terbayarkan melihat antusias warga masyarakat Kp. Mamblo dalam menyambut kehadiran personil Satgas Pamtas Yonif Raider 300 “. (Pendam III/Siliwangi).#chox

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *