oleh

Konser My Darling I Love You Citarum, Harus Kompak dan Sadar Bersama

Bandung, Matainvestigasi.com – May Darling Party gebyar di Taman Maluku Jl.Aceh Kota Bandung, berbagai Komunitas diantaranya Konfederasi Layanan Independen dan Informasi Ketenagakerjaaan (K-LIDIK), Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH), Jaringan Wartawan Bhayangkara (Jawara), dan penikmat taman terbuka berkumpul jadi satu (12/10).

Dari Komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jabar dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Bandung, menggelar acara talk show, diskusi dan deklarasi Masyarakat yang Sadar Lingkungan (My Darling).

Dalam kesempatan ini hadir sebagai nara sumber antara lain Ketua Umum K-LIDIK Ngadi Utomo, Ketua Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH) Asep Mulyana. Kemudian tampil pula perwakilan dari Kodam III/Siliwangi Mayor Krismanto (Mewakili Aster Kodam Kolonel Ars G Hasto Respatrio), Perwakilan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pemakaman (DPKP3), Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sofyan Hernadi didampingi Hadi Mulyono (Kasie pemeliharaan taman). Hadir pula sebagai pembicara Nana Suhana dari PD.Kebersihan Kota Bandung dan Serka Apri Agung dari Satgas Citarum Harum Sektor 22.

Dalam paparannya salah satu Narasumber Acara My Darling Mayor Krismanto memaparkan ” acara yang digelar JPCH ini sangat bagus karena menyangkut isu global yaitu tentang lingkungan, giat yang sangat positif.

“TNI dan masyarakat selalu bekerjasama dalam menjaga lingkungan, karena bila kita jaga lingkungan nanti lingkungan akan jaga kita. Isu lingkungan adalah global, contoh kejadian kebakaran hutan di Indonesia yang menjadi perhatian dunia.

” Indonesia juga dikenal sebagai penyumbang sampah terbesar, inilah yang menjadi tugas terberat kita untuk membangun karakter building masyarakat agar bisa menahan diri tidak membuang sampah sembarangan. Ambil contoh jika kita tidak bisa menjaga lingkungan maka kedaulatan akan terancam, contoh bila kita tidak bisa atasi sampah dan kebakaran hutan negara luar bisa saja intervensi”, ungkapnya.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sofyan Hernadi menyebutkan deklarasi menyangkut lingkungan oleh Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling) ini keren banget, “dan tugas berat kita adalah mengajak masyarakat lain yang tidak hadir disini, dalam hal ini media harus bisa membangkitkan kesadaran masyarakat melalui tulisan agar peduli dengan kelestarian lingkungan.

Khusus problematika soal sampah solusinya di Kota Bandung sudah bergulir Program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah, program ini sangat efektif karena membentuk budaya dan perilaku kita dalam penanganan sampah”, jelas Sofyan dalam paparannya.

Ketua Umum K-LIDIK Ngadi Utomo, Menyampaikan ,” kegiatan ini harus terus dilaksanakan untuk membangun kesadaran bagi masyarakat di kota Bandung agar menjaga kebersihan kota Bandung terutama peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta menjaga kebersihan kota Bandung”.

Hal senada juga di sampaikan oleh Asep Mulyana Ketua JPCH,” kita harus dukung dan sukseskan program Kang Pisman,dan Menjaga sungai Cikapundung Kota Bandung, ya jadi sungai Cikapundung harum seperti Sungai Citarum dengan sinergi Pentahelix”.
Sedangkan Ketua Pelaksana acara MY DARLING KOTA BANDUNG Martika Edison,yang didampingi Kana Pena Sukma dari Jurnalis Peduli Citarum Harum, menyampaikan ucapan terimakasih, kepada Pak Walikota Bandung Mang Oded, Wakil Walikota Bandung Kang Yana, Bapak Aster, Kolonel Arh G.T.H. Hasto Respatyo S.T Aster Kasdam III Siliwangi, Dansektor 22 Citarum Harum Kolonel Inf Asep Taufik Rahman, Kadis DLH & Kebersihan Kota Bandung , Kadis DPKP3, Dan PD Kebersihan Kota Bandung, serta Dirut PDAM Kota Bandung,KIM KOTA BANDUNG, K-LIDIK, RAPI Kab.Bandung maupun seluruh jurnalis Peduli Citarum harum yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan MY DARLING KOTA BANDUNG .

Martika Edison yang juga Pemimpin Redaksi siliwanginews.com ini , menambahkan, ” mari kita dukung dan sukseskan program KANG PISMAN Pemkot Kota Bandung yang telah di canangkan oleh Mang Oded Walikota Bandung dan Kang Yana Wakil Walikota Bandung, serta menjaga kebersihan dan memelihara Taman-Taman di Kota Bandung, termasuk untuk mewujudkan SUNGAI CIKAPUNDUNG HARUM serta mensukseskan program Citarum Harum”, harap Edison yang juga aktivis lingkungan hidup ini.

Martika Edison, yang juga Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga JPCH ini, menambahkan, kita akan selalu siap dengan pelaksanaan Konsep sinergitas pentahelix pun dibuat menjadi berbagai varian, demi tercapainya tujuan. Salah satunya pengembangan pentahelix yang melibatkan unsur ABCGM: akademisi (Academician), bisnis (Business), komunitas (Community), pemerintah (Government), dan media. Kata kuncinya tetap sama: SINERGI. menggelorakan semangat kolaborasi dan sinergi pentahelix ABCGM (Academician-Business-Community-Government-Media), sebagai Jurnalis Peduli Citarum harum.

Hal senada juga disampaikan Hendra Bunawan, dari Mata Investigasi yang Wakil Ketua JPCH ,” kami sebagai jurnalis Citarum Harum harus kompak solid, juga harus bisa kritik untuk sadar membangun demi hal yang baik, siap untuk bersinergi dan mendukung program Kang Pisman Pemkot Kota Bandung dan Program Citarum harum. (chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.