oleh

Limbah Cair Pt. Warna Mandiri Diduga Alami Perubahan Jadi Hitam Bau, Purwadi : Kok Bisa ???

KBB, Matainvestigasi.com – Limbah cair Pt. Warna Mandiri yang berlokasi di Desa Giriasih Cangkorah Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat diduga alami perubahan. Sebelumnya limbah cair yang di ambil langsung dari outpall berwarna bening kekuningan berubah menjadi hitam keruh dan bau. Perubahan warna di ketahui saat di lihat selang sehari tersimpan (17/10).

Ketika dikonfirmasi langsung Purwadi Hrd Pt. Warna Mandiri kaget, bahkan dirinya baru tahu dan hampir tak percaya, Dia mengatakan ” kok bisa seperti ini yah, saya baru tahu bisa seperti ini, bila ini benar saya akan minta tanggung jawab dari pemilik obat yang biasa saya beli kenapa bisa seperti ini, bisa rugikan perusahaan ini dong ” ungkapnya.

Hrd Warna Mandiri Purwadi

Dirinya coba hubungi satgas, namun tidak bisa merapat. Purwadi menambahkan ” padahal saya cek selalu bagus hasil limbahnya, dan saya juga rutin kontrol dalam takaran pemakaian obat tidak berubah masih sama, tapi kok bisa berubah yah, karena selama ini saya pakai chemical fisika kimia dalam prosesnya, baru tahu bisa seperti ini, apa karena teroksidasi biasanya warna kekuningan saja, ini kok hitam.

” Saya terima kasih atas infonya, dan saya akan cek ulang juga akan saya tayakan penjual obatnya, dalam penggunaannya apa ada efek perubahan warna, bila benar saya tidak pakai lagi. Saya minta setengahnya buat saya bandingkan, dan kita ambil lagi sample yang sekarang pak bersama, saya juga ingin tahu perubahannya kok bisa seperti ini ” katanya.

Saat dilokasi outpall dia kembali menjelaskan ” lihat saja masih bagus Ph juga bagus punya kita, sungai hitam airnya dan bau bukan dari sini. Jalur sungai cipeusing ini dilintasi banyak pabrik, tapi air hitam dan bau ini saya tidak tahu dari mana, ini juga sudah lama tetjadi, tidak tahulah pak sampai kapan ” tutupnya.

Diduga perubahan limbah cair terjadi bisa akibat suhu matahari atau radius jarak sepanjang sungai mengalir, dan bila hal tersebut benar terjadi, patut diduga masih ada pabrik lain yang kemungkinan mengalami perubahan warna limbahnya. (chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed