Kerjasama Dengan BNPP, Satgas Raider 301 Laksanakan Survey Inventarisasi Dan Identifikasi Pilar Batas NKRI

Kalbar, Matainvestigasi.com – Satgas Raider 301/Pks bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakanakan Survey Inventarisasi dan Identifikasi Pilar Batas Negara di wilayah Perbatasan Kalimantan (18/10)

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) adalah Badan Pengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan sebagaimana dimaksud Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara, yang bertujuan untuk menjaga posisi pilar Batas Negara di sepanjang daratan Republik Indonesia.

Personil Satgas Raider 301 bersama Tim BNPP yang diturunkan langsung dari Pusat melaksanakan kegiatan Investigation Revictation Meantenance (IRM). Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi tugu-tugu Batas Negara Indonesia dalam menjaga kedaulatan dan ketahanan Batas Wilayah Negara khususnya Wilayah Darat di Provinsi Kalimantan Barat.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu melaksanakan Patroli Bersama untuk mengecek ulang patok-patok yang menjadi tanggung jawab Satgas Raider 301 di Sektor Timur Perbatasan RI-Malaysia.

Kegiatan Patroli dilaksanakan selama dua bulan yaitu dimulai di bulan September dan berakhir di bulan Oktober dengan sasaran utama pada area prioritas (pilar G-H-I) sejumlah 451 pilar.

Dari hasil pengecekan ulang tersebut didapati beberapa patok rusak diakibatkan oleh alam yaitu tertimpa batang pohon besar maupun terkikis oleh lumut.

Dansatgas pamtas Yonif Raider 301/Pks, Letkol Inf Andi Hasbullah
mengatakan “ Kegiatan patroli bersama Tim BNPP ini sangat penting dan sebaiknya rutin dilaksanakan. Kegiatan inventarisasi dan identifikai pilar batas sangat berguna untuk memastikan kondisi pilar batas yang sesungguhnya di lapangan. Hal ini dapat menepis berbagai isu yang kurang benar terkait permasalahan perbatasan” Ujarnya. (Pendam III/Siliwangi).#red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *