oleh

Pt Hakatex Sejahtera Diduga Sengaja Buang Limbah Cair ke Selokan, Berdalih Saluran Milik Umum Pabrik Lain,  Asep Hakatex : Satgas Boleh Masuk, Wartawan Keberatan

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Limbah Caiir textilr Pt Hakatex Sejahtera yang berlolasi di Jl. Moch Toha Km 5,6 Bandung Pasawahan Dayeuhkolot di duga sengaja di gelontorkan ke aliran sungai pada hari senin (09/12) pukul: 17:30 wib. Saat di konfirmasi pihak hakatex membantah, bahwa pabriknya sudah baik dalam pengolahan limbah cair industri textile, dan limbahnya juga di buang ke MCAB Cisirung untuk di olah (10/12).

Security Pabrik sempat berdalih tidak ada orang yang bisa di konfirmasi, kecuali pa adi. Di karenakan pa adi tidak ada sedang keluar, jadi tidak ada yang bisa di temui untuk di konfirmasi. Selang beberapa menit datang satgas subsektor 5 sektor 21 sertu odang dan rekannya.

Satgas

Sertu Odang Dansub Subsektor 5 sektor 21 mengatakan ” berhubung saya baru satu bulan di sini, saya belum begitu paham, karena saya menggantikan dasub yang lama, dan setahu saya pengolahan limbahnya pt hakatex sudah baik, memang itu saluran pembuangannya, nanti saya coba kordinasikan terkait limbahnya dengan pa asep, karena dia yang tanggung jawab dalam bidang ini.

Asep Saepudin HRD Pt. Hakatex menjelaskan ” bahwa pabrik kahatex sering kena tuding oleh masyarakat sekitar ataupun ormas, karena di anggap pabriknya membuang limbah hitam, maka pabriknya sering di gruduk dan di pertanyakan, terkait limbah tersebut yang keluar dari saluran tembok hakatex itu saluran umum, jadi banyak pabrik yang buang lewat saluran sini, dan bukan pabrik saya saja.

Asep HRD Hakatex

” Dulu Pt. Hakatex selalu di tuding warga buang limbah, makanya atas saran satgas untuk buka tutup saluran saya lakukan, tapi bilamana musim hujan saya buka, sempat kahatex di demo saat tutup saluran dengan cara membendung, karena banjir di warga ” jelasnya.

” saya tidak keberatan bila di lakukan cek saluran buang pabrik, tapu hanya boleh satgas saja yang cek, wartawan saya keberatan, Hakatex ini sering di datangin juga kok sama wartawan, intinya saya hanya boleh satgas saja yang cek ke dalam pabrik, maaf wartawan tidak di izinkan, satgas nanti bisa kirim poto hasil ceknya kok ” tegas asep.

Ketika di tanya terkait statment asep hakatex keberadaan wartawan yang tidak boleh ikut cek dalam area pabrik bersama satgas, Sertu Odang tidak banyak berkata, dan memberikan jawaban yang muter, ” hayu kita cek saja dari luar pabrik nanti juga ketemu salurannya mentok dimana, karena dari dalam pabrik tidak di izinkan, janya boleh satgas saja yang masuk, saya kembalikan lagi bagaimana pabrik saja ” kata odang.

Sementara di tempat terpisah, berdasarkan keterangan pabrik Cv Perajutan Sahabat bandung yang persis dibelakang Pt Hakatex membantah apa yang di katakan oleh asep hakatex. Bahwa tidak ada saluran air pabrik kami yang melintas hakatex, apalagi Limbah karena disini ketat dan diolah secara maksimal dan pengolahan limbahnya ada didepan pabrik kami ” ungkapnya.

Ada apa dengan satgas dan Pt. Hakatex tersebut, membuat pertanyaan besar. Seharusnya dalam pengecekan pabrik bisa ikut mendampingi, apa apa lagi wartawan. Kenapa satgas citarum terlihat lemah terhadap pabrik, saat pabrik melontarkan kata lantang ” Satgas boleh masuk ke Pabrik, Wartawan tidak di izinkan “. Menimbulkan pertanyaan besar, patut diduga apakah ada hubungan secara emosional antara kedua belah pihak. ( chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.