Pengikat Kebersamaan Satgas Raider 300 Melaksanakan Kegiatan Bakar Batu

Distrik Skanto Papua, Matainvestigasi.com – Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Arso 13 dipimpin Serda Eko Saputra melaksanakan kegiatan bakar batu bersama masyarakat setempat di Kampung Wiantre Arso 5, Distrik Skanto Kabupaten Keerom Provinsi Papua, Senen (16/12/2019)

Personel Pos Arso13 Yonif Raider 300 turut melestarikan kearifan lokal yaitu tradisi bakar batu yang sudah menjadi tradisi di Papua. Tidak hanya melestarikan kearifan lokal, keterlibatan personel Satgas Raider 300 juga membuktikan bahwa telah terjalin hubungan emosional yang kuat sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan penuh kehangatan, canda tawa antara TNI dan masyarakat membuat suasana menjadi cair sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut menjadi hidup.

Di Papua, tradisi ini merupakan acara sakral yang masih berlangsung hingga kini. Pesta bakar batu dianggap sebagai simbol kebersamaan yang tidak akan pernah hilang.

Tradisi bakar batu sendiri merupakan ritual memasak bersama yang bertujuan untuk memanjatkan rasa syukur, bersilaturahim dengan keluarga dan kerabat, menyambut kabar bahagia seperti ulang tahun, pernikahan, dan acara Natal.

Masyarakat Kampung Wiantre mengucapkan terima kasih kepada Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 300/Bjw, Pos Arso13 yang telah membantu kegiatan tradisi bakar batu yang sudah menjadi tradisi ritual turun temurun warga setempat. (Pendam III/Siliwangi).#red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *