Tanam Vertiver, Cegah Kerusakan Alam Dari Longsor, Ekosistim Jadi Baik

Kab Bandung,  Matainvestigasi.com – Bencara Longsor dan Banjir Bandang saat ini memang banyak melanda, khususnya Jawa Barat. Karena sistim alam yang tidak sehat dan banyaknya lahan alih fungsi sebabkan bencana tiada henti. Saat ditemui pada suatu kesempatan disektor VI Brigjen Yudi Zanibar yang sedang memonitor rumput multi fungsi Vertiver (11/01).

Menurutnya, ” Jenis Rumput tanaman vertiver ini cukup baik untuk ekosistim alam, karena akarnya cukup kuat memiliki 1/6 ram kawat dan mencapai lebih 2 meter akarnya menembus tanah, bahkan batu saja bisa di lilit oleh akar vertiver ” ucap yudi.

“Melihatnya banyaknya bencana longsor dan banjir bandang, karena disebabkan alam yang kurang baik dan alih fungsi lahan dan lain-lain, vertiver bagus di tanam pada tempat yang rawan longsong atau bantaran sungai seperti yang saat ini kita lihat.

“Vertiver disini sudah 2 tahun ditanam, dan Alhamdullilah tumbuh subur, bisa menjaga tanaman yang lain di sekitarnya juga subur.

Yudi juga menambahkan “Bahwa vertiver juga dapat memberikan oksigen buat tanaman lain dan lingkungan, akarnya juga bisa menyerap racun. Tidak hanya itu saja, hewan ternak yang makan ruput vertiver juga bisa gemuk. Maka dari itu rawat dan jaga alam, agar alam kembali baik dan dapat berfungsi seperti apa yang kita harapkan.

Perlu diingat juga, vertiver besar tidak mudah dicabut, karena akarnya sangat kuat. Mari kita buktikan dengan beberapa orang dewasa untuk cabut rumput ini, selain kuat akarnya bisa melindungi tanah dari erosi ” tutup yudi. (chox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *