oleh

Ribuan Bibit Pohon, Berapa Yang Tumbuh, Doni Monardo : Lebih Baik Tanam 10 Tumbuh 10, Dari Pada Tanam 50 Tumbuh 3

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Mengingant bencana yang melanda negri seperti longsor dan banjir bandang di berbagai daerah baru – baru ini menjadi renungan bersama, khususnya para pejabat daerah untuk lebih melek lagi terhadap bencana alam di wilayahnya, khususnya jawa barat yang tak luput dari bencana alam banjir dan longsor (18/01).

Program Citarum yang menjadi program pusat dalam memperbaiki ekosistim lingkungan untuk lebih baik lagi, khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS) dari hulu sampai hilir menjadi perhatian dunia. Dari pembibitan lahan gundul, masalah sampah, dan pengawasan industri dalam pengolahan limbah industrinya agar tidak mencemari lingkungan sekitar dan sungai. Berjalannya program citarum sudah lebih dua tahun khususnya dalam pembibitan tanaman besar – besaran.

Namun belum pernah ada pemberitaan yang menjelaskan berapa banyak bibit yang ditanam dan yang hidup. Baik dari perhutani, satgas dan pihak – pihak lain yang ikut andil dalam pembibitan dalam program citarum harum. Mengingat gencarnya pembibitan sejak program citarum harum di mulai sampai saat ini. Mengulas apa yang di kutip Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan “Lebih baik tanam 10 tumbuh 10 dari pada tanam 50 tumbuh 3 “jelasnya.

Sosok Jendral yang bersahaja dan cinta lingkungan ini aktif dalam peninjauan di berbagai daerah sejak dirinya menjabat Kepala BNPB. Sejak di gemborkannya pembibitan ataupun penanaman pohon, tidak pernah terdengar berapa yang tumbuh.

Lahan kritis selalu dijadikan alasan penyebab longsor, berjalannya waktu tidak ada laporan hijaunya lahan kritis dengan berapa banyak pohon yang hidup dan tumbuh. (chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed