Cegah Longsor Dengan Vertiver, Sektor VI Sambut Rombongan Forkopimda

oleh

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Jembatan Biru Sektor VI gebyar penanaman vertiver bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A., Gubernur Jabar DR (HC) H.M. Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi bersama jajararan Forkopimda Jabar saat olah raga bersepedah bersama. Fun Bike dan tanam sejuta pohon (31/01).

Pelaksanaan Star Fun Bike dari Gedung Sate Jl. Diponegoro, Jl Dago melintasii Jl. R.E. Martadinata, Jl. Laswi, Jl. Pelajar Pejuang, Jl. Buah Batu, Jl. Bojongsoang dan Finish di Jembatan Biru wilayah Sektor 6 bersama Satgas Citarum Harum Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Setibanya dilokasi Finish, peserta Fun Bike rehat sejenak kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penanaman Vertiver di bantaran sungai Citarum yang dlakukan secara simbolis oleh Pangdam III/Siliwangi, Gubernur dan Kapolda Jabar diikuti juga oleh peserta Fun Bike lainnya yang didampingi oleh Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Dodo Irwanto.

Gubernur Jabar mengatakan, ” kami Forkopimda Jabar melaksanakan kegiatan-kegiatan rehabilitasi lingkungan, arahan Presiden kami terjemahkan bahwa dihari ini yaitu hari Jum’at melakukan penanaman tanaman yang bisa membantu menahan terjadinya longsor dengan tanaman Vertiver dirangkai dengan kegiatan yang sangat baik yaitu bersepeda santai atau Fun Bike antara Forkopimda dan keluarga besar jajarannya.

Lebih lanjut kata Gubernur, ” setelah ini Presiden akan turun langsung di Sukaraja Bogor, karena lahannya curam-curam dan semua diarahkan dengan tanaman yang luar biasa yaitu vertiver. Tanaman kalau sudah dewasa mencabutnya saja oleh 5 orang tidak bisa karena akarnya bisa tembus sampai 5 meter, berarti cocok untuk keseimbangan alam yang sifatnya tanah miring “jelasnya.

” Ini bagian yang kita laksanakan juga Program Citarum Harum, Alhamdulillah mudah-mudahan komitmen kami Forkopimda Jawa Barat telah hadapi rehabilitasi lingkungan ini menghasilkan kualitas lingkungan yang lebih baik mengurangi banjir juga dan mengurangi kerusakan lingkungan “ungkap Emil.

Kemudian dalam waktu bersamaan, TNI juga sudah melakukan rehabilitasi, normalisasi situ-situ yang jumlahnya ada 100 sudah selesai 1 sampai 6 untuk mengembalikan volume air yang seharusnya, sehingga air bisa diparkir di 101 danau hampir 1 juta kubik menguragi potensi kearah Jakarta, kearah Bekasi dan lain-lain.

” Tugas kita adalah menyeimbangkan antara peradaban manusia dengan kearifan lingkungan. Saya mengapresiasi para Dansektor yang telah memperlihatkan perubahan luar biasa bersama Tim Citarum Harum. Perpres Citarum Harum yang harus diselesaikan dalam kurun waktu lima sampai tujuh tahun, sehingga dengan waktu dekat siap-siap Presiden akan datang ke Jawa Barat untuk mendengarkan update Citarum Harum “kata Emil.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A., menambahkan ” bahwa tanaman Vertiver yang ditanam di Sektor 6 ini sudah 1.5 tahun, jadi 1.5 tahun itu akarnya sudah cukup dalam sudah 3 sampai 5 meter apalagi kalau sudah lama lagi bisa sampai 8 meter, tanaman ini baik sekali untuk menahan tanah agar tidak longsor “paparnya.

” Danau diseluruh Jawa Barat ini ada sekitar 101 danau, kita sedang normalisasi baru ada 5 atau 6 danau, tahun ini akan melaksanakan lagi normalisasi danau-danau itu yang biasanya lebarnya 5 Ha akan tetapi kalau musim kemarau tinggal 3 Ha karena kering, nanti kita gali lagi supaya bisa menampung air sehingga tidak semuanya langsung ke Jakarta minimal kalau ada 101 danau di Jawa Barat ini, satu situ dengan 5 Ha kemudian kedalaman 3 meter bisa menampung 1,5 juta meter kubik air “tegas Pangdam. (chox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 12 =