oleh

Tingkatkan Pendapatan, Kedai Kopi Lereng Tanggul Usaha Konsorsium Warga

BANDUNG, Matainvestigasi.com – Kedai Kopi Lereng Tanggul usaha konsorsium mini resto Warga Komplek Bumi Panyileukan RW.03 selain untuk ciptakan ekonomi baru juga sebagai wadah nongkrong dan kumpul warga sekitar ataupun dari luar yang ingin singgah untuk kongkow (03/02).

Cafe ini resmi dibuka Nar Heryanto selaku Ketua Rw.03 dan peresmiannya ditandai dengan pemotongan pita dan pembukaan tirai papan nama “Kedai Kopi Lereng Tanggul” pada minggu kemarin.

Dalam sambutannya Nar menyampaikan, sesuai namanya Kedai Kopi Lereng Tanggul berarti Kafe ini didirikan di atas tanggul dengan desain ramah lingkungan.

“Kami sebagai pengurus RW.03 mengapresiasi warga RT.03 yang telah ikut memberi dukungan dalam memanfaatkan lahan tanggul dengan membangun sebuah Cafe. Kami juga berterimakasih khususnya kepada Ketua RT.03 Pak Dindin Syahidin beserta rengrengannya yang memprakarsai pemanfaatan lahan tanggul ini,” ucapnya.

Menurut Nar, ada beberapa manfaat dari pendirian cafe ini, diantaranya :
1. Memperkuat tanggul, sehingga menghilangkan kekhawatiran tanggul jebol bila hujan besar.
2. Akan adanya aktifitas ekonomi yang berdampak positif pada kondisi ekonomi warga sekitar.
3. Dengan adanya cafe diharapkan suasana sekitar tanggul menjadi Haneuteun tidak sepi dan bisa menjadi tempat ngariung (kumpul) warga Rw.03 dan sekitarnya, sehingga akan terjalin silaturahim yang lebih erat lagi.

“Kita semua berharap, semoga pembangunan cafe ini membawa berkah, bisa berkembang dan maju untuk hal yang postif. Selain menjadi satu kebanggaan bagi Rw.03, juga keberadaan cafe ini dapat bermanfaat bagi warga, khususnya di Komplek Bumi Panyileukan pada umumnya. Tidak lupa juga, akan menjaga keasrian dan kelestarian lingkungan tanggul RW.03 “pungkasnya.

Dalam sambutannya Manager Kafe, Dindin Syahidin yang juga Ketua RT.03 mengatakan “Lahan tanggul ini dulunya kurang tergarap, kotor dan menghawatirkan takut jebol kalau datang hujan besar.

Kami pengurus RT.03 tidak memiliki dana untuk mengurus dan merapihkannya, sedangkan warga menginginkan tempat ini menjadi tempat yang Indah, Aman, Asri, Bersih dan bermanfaat,” ujar Dindin.

Ide pembuatan cafe, karena ada warga kami yang memiliki pengalaman dalam mengelola cafe sukses di kota Bandung. Cafe ini memiliki konsep bisnis sosial (social enterprise), yaitu membuat kegiatan bisnis yang berazaskan sosial, dengan harapan warga secara umum juga bisa mendapatkan manfaatnya dari kegiatan ini,” kata dindin.

“Cafe ini di desain sederhana, nyaman, bernuansa alam dan ramah lingkungan. Dilengkapi berbagai fasilitas seperti, Live music, internet, toilet, dll.

Terimakasih atas dukungan warga RT.03 dan tetangga sekitar lokasi Kedai, Mitra kerja Kedai, Ketua RT.01 s/d. RT.06, Ketua RW.03, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Kepala SDN 262, Lurah Cipadung Kidul, Camat Panyileukan, Polsek Panyileukan dan supporting manajemen Marones,” tutup Dindin.

Kedai Kopi Lereng Tanggul tepatnya berlokasi di Komplek Bumi Panyileukan Blok C-22 RT.03/RW.03 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Buka setiap hari mulai 11.00-22.00 WIB, kecuali Jumat mulai 13.00-22.00 WIB. Selain kopi dan minuman lainnya, di Kafe ini juga tersedia makanan dan cemilan hasil home industri warga yang sangat variasi dengan harga terjangkau, cocok buat keluarga, orang tua, maupun milenial.

Pengunjung juga bisa requet lagu dan menu yang di sediakan agar sesuai dengan seleranya. Dan yang jelas Kedai Kopi Lereng Tanggul ini pas dengan kroscek premium dan varian rasa dan selera. (chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed