Kodim Melaksanakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Triwulan I

Blitar, Matainvestigasi.com – Kodim 0808/Blitar melaksanakan pembinaan Wawasan Kebangsaan Triwulan I TA. 2020 bertempat di Aula Makodim 0808/Blitar Jln. Ahmad Yani No. 06 Kota Blitar, Jum’at (14/02/2020).

Kegiatan pembinaan Wawasan Kebangsaan kali ini dengan tema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan”. Wasbang Komponen masyarakat antara lain Pegawai Negeri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, guru, KBT, mahasiswa, pelajar, security, jurkir, dan Elemen lainnya.

Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eustatius Paurakan saat membacakan amanat Dandim 0808/Blitar mengatakan bahwa pelaksanaan pembinaan wasbang dengan komponen masyarakat merupakan implementasi program kerja Kodim 0808/Blitar yang merupakan salah satu metode binter, sebagai wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen bangsa.

Pertemuan ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk memelihara keharmonisan dan sinergitas.

Serta berjutuan untuk membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Ke-Bhineka Tunggal Ika-an dengan semangat bela Negara guna mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Lanjut dinamika kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam suatu pembaharuan ini menjadi semakin penting untuk dicermati, karena besarnya pengaruh budaya, pandangan hidup system politik, tata nilai dan system ekonomi yang berkembang dalam tata kehidupan masyarakat Indonesia.

Wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik Bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara diatasnya secara tidak terpisahkan, yang mempersatukan Bangsa dan Negara meliputi aspek ekonomi, politik, sosial budaya dan Hankam, ujar Kasdim 0808/Blitar.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek materi Outbond yang bersifat menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, kerja sama dan kewaspadaan diri di halaman Makodim 0808/Blitar, (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *