Alumni Akmil 1996, Donasikan Ribuan Masker Bantu Pemerintah Perangi COVID-19 

Jakarta, Matainvestigasi.com – Penyebaran Virus COVID 19 yang begitu cepat menginspirasi berbagai komponen bangsa diantaranya Alumni Akmil 1996 untuk membantu pemerintah dengan mendonasikan ribuan masker di beberapa rumah sakit darurat yang merawat pasien COVID-19. Hal disampaikan Ketua Paguyuban Alumni Tidar 1996 (Antasena 96) Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan di Papua, Kolonel Inf Hengki di sela-sela tugasnya sebagai prajurit, lulusan Akmil 1996 atau Antasena  96 tergerak secara sosial untuk membantu pemerintah memerangi penyebaran virus Corona dengan mendonasikan ribuan masker ke beberapa rumah sakit yang merawat pasien COVID 19.

“Diantaranya, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran dan Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 di Pulau Galang Batam,”kata Kolonel Inf Hengki Jebolan Akmil 1996.

Menurtnya, rekan-rekan Alumni Akmil 1996 termasuk keluarganya merupakan bagian kecil dari komponen bangsa yang ingin terlibat secara sosial dalam memerangi COVID 19, khususnya rumah sakit yang merawat pasien terinfeksi virus Corona.

Selain  kepedulian kepada tenaga kesehatan yang telah menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien COVID 19, tekad paguyuban Antasena 96 ini merupakan dukungan kepada pemerintah dalam hal sosialiasi penggunaan masker non medis atau yang terbuat dari katun. Dalam beberapa literatur yang kami ketahui diantaranya website milik TNI AD  (tniad.mil.id) diterangkan bahwa penggunaan masker kain pun cukup efektif dalam mereduksi penyebaran virus tegas Hengki yang juga pernah menjadi staf pribadi Wakasad di tahun 2015-2018 itu.

Dengan yang dilakukannya itu, mewakili keluarga besar Paguyuban Antasena 96, Kolonel Inf Hengki  berharap agar masyarakat juga semakin peduli untuk menggunakan masker non medis dalam aktifitas keseharian

“Masker medis ataupun jenis N 95 sangat dibutuhkan para tenaga medis saat merawat pasien. Kalau kita saat ini, sepertinya masih cukup menggunakan masker kain, apalagi telah diuji oleh para ahli bahwa (masker kain) cukup efektif,”urainya.

Selain masker, menurut mantan Danbrigif 15/Kujang II, sebagai bagian dari paguyuban Antasena 96 beberapa rekannya juga berinisiatif membantu menyediakan face shield bagi tenaga kesehatan maupun pasukan TNI AD yang mengamankan wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalbar, Sabtu (16/5/2020).

“Face shiled yang dibuat rekan kami, Kolonel Cpl Oscar (Kapaldam XII/Tpr) sederhana, menggunakan bahan yang ada sekitar di kita. Secara di jumlah, kami rasa bisa membantu tenaga kesehatan dan Satgas Pamtas di Kalbar,”jelas Kolonel Inf Hengki tanpa mau menyampaikan jumlah rinci keseluruhan bantuan yang disalurkannya.

Selain membagikan masker ke rumah sakit, Antasena 96 juga mendistribusikan sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID 19

“Tidak banyak, sembako yang dibagikan ke warga-warga yang kurang beruntung, seperti  mereka yang di sekitar wilayah Cianjur dan Bogor. Situasi saudara-saudara kita tidak hanya memerlukan empati tapi juga kepedulian dari kita semua. Tidak saja pemerintah, TNI, Polri maupun tenaga kesehatan, untuk pencegahan COVID 19 bisa dilakukan oleh setiap individu, yaitu dengan disiplin menjaga pola hidup yang sehat dan bersih,”ujar mantan Danbrigif PR 17/Kujang I.

Kepedulian Paguyuban Antasena juga mereka berikan kepada keluarga para pelatih Taruna Akmil, berupa paket data untuk anak-anak mereka yang belajar di rumah serta hand sanitizer.

“Selain paket data untuk anak-anak pelatih di Akmil, kita juga ingin agar almamater di Lembah Tidar bisa terhindar dari virus COVID-19, maka kita bagikan hand sanitizer bagi para pelatih yang bersentuhan langsung dengan adik-adik taruna Akmil,”pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *