oleh

Uji Coba Tungku Pembakar Plastic Jadi BBM Sektor 6

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Sampah plastic yang sulit hancur dalam kurun waktu ratusan tahun ini menjadi problem tersendiri. Program citarum harum dalam mengatasi kerusakan lingkungan khususnya DAS, yang berlangsung dua tahun lebih harus dirasakan bagi warga jawa barat khususnya yang ada dibantaran sungai. Melalui Perpres No 15 Tahun 2018 tentang percepatan penanganan kerusakan sungai digenjot inovasi dan solusi positif untuk lingkungan, sabtu (26/06)

Tungku pembakar plastic jadi bbm solusi dalam mengatasi sampah plastic. Trial tungku dipragakan langsung oleh satgas citarum sektor 6. Menurut Dansektor Kol Arh Dodo Irmanto ” tungku pembakar plastic menjadi bbm ini memakai bahan bakan oli bekas agar api pembakar tetap menyala, dan blower untuk meniup api meningkatkan suhu panas.

” Minimal Plastic yang dibakar seberat 15 kg, dan akan menjadi bbm 70-80%, minyak tanah, bensin dan solar. Sehingga sampah plastic tidak ada yang tersisa, karena terbakar habis.

” Pembakaran harus ditunggu dalam menjaga kestabilan suhu sampai dengan angka tekanan 300, setelah itu akan turun, jika oli sebagai bahan bakar habis, ungkap Dansektor.

Jadi solusi sampah plastic, masih kata dansektor, ” kita bakar ditungku ini dan akan menjadi bbm bisa digunakan, namun tetap saja masih harus di uji, tapi solisi plastic bandel bakar ditungku, tentu plastic masih harus di sortir, agar menjadi bbm yang berkualitas “tutupnya. (chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.