Bantaran Citarum Disiapkan Jadi Pusat Ketahanan Pangan oleh Dansektor 7 

Kab Bandung, Matainvestigasi.com
Ada yang berbeda dari sosialisasi Citarum di sektor 7 kali ini, 100 warga berkumpul di Taman Ceria RW. 04 Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kab. Bandung, Rabu (08/7/2020).

Menurut Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi bahwa, ” sosialisasi sengaja dilakukan di pinggiran aliran sungai Citarum, supaya warga bisa melihat langsung progres dan keberhasilan Satgas Citarum selama 2 tahun lebih bekerja menata bantaran “.

” Hari ini saya laksanakan sosialisasi Citarum, kita sampaikan progres Citarum selama 2 tahun lebih TNI mengembalikan Ekologi, saat ini yang sedang kita lakukan adalah membuat demplot pertanian dan perikanan di 14 Desa yang berada di sektor 7,” ujar Kolonel Kav Purwadi.

” Bantaran sepanjang 14 Km di sektor 7 harus bisa membawa manfaat bagi warga, disamping bisa menambah penghasilan, diharapkan warga juga bisa ikut menjaga bantaran dari sampah,” ucapnya.

Ditambahkan Dansektor bahwa, “di Sektor 7 ada 7 persoalan yang menjadi fokus utama, diantaranya Limbah Industri, Limbah rumah tangga, Sampah, Pola pikir, Bangunan liar dan pendangkalan sungai, satu persatu kita selesaikan dengan baik, kami libatkan masyarakat untuk memantau dan ikut serta dalam penataan bantaran, setelah itu baru masuk pada fase selanjutnya yaitu bagaimana caranya bantaran Citarum dimanfaatkan sebagai pusat ketahanan pangan “.

” Kami kembangkan Bios 44 sebagai formula untuk menyuburkan tanah Citarum, supaya nanti bisa menghasilkan lebih buat masyarakat,” ungkap Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi.

Sementara itu Agus dari KTNA Desa Dayeuhkolot menyampaikan bahwa kehadiran satgas Citarum dengan program normalisasi aliran Citarum ditambah dengan ketahanan pangan, kami sambut dengan baik.

” Didaerah kami ada lahan yang sedang digarap sebagai pusat demplot binaan satgas Citarum, yang akan digarap oleh warga sekitar, tentunya ini langkah yang baik,” kata Agus.

Disampaikan Agus, untuk mendukung program Sektor 7 dengan ketahanan pangan dan Bios 44 nya, kami akan rutinkan belajar di demplot Satgas Citarum di Rancamanya.

Sosialisasi lanjutan Satgas Citarum Sektor 7 selain dihadiri Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi, dihadiri juga oleh Danramil Dayeuhkolot Kapten Inf Yevy, Kelompok tani Desa Dayeuhkolot Agus, relawan Citarum harum, kader, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Desa Dayeuhkolot. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *