Kesehatan Warga, Pemkot Bandung Upayakan Menjamin

Bandung, Matainvestigasi.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya maksimal untuk menjamin kesehatan warganya. Yakni, melalui program universal Health Coverage (UHC), Sabtu (06/02).

Pernyataan ini dilontarkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai menjenguk Rama Firmansyah, bocah 5 tahun yang mengalami masalah syaraf di bagian perut hingga membuncit.

Baca juga ;

Kini, Rama sudah ditangani oleh Pemkot Bandung melalui program UHC dan baru saja menjalani operasi.

“Alhamdulillah setelah dirujuk ke Rumah Sakit Santosa dan tadi malam operasinya berjalan lancer, dan anaknya tadi saya lihat sehat. Mudah-mudahan bias kembali normal,” ucap Yana di Rumah Sakit Santosa, Jalan Kebon Jati.

Yana mengetahui keberadaan Rama saat menghadiri acara bakti sosial yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah X GM KB-FKPPI Jawa Barat bersama Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ) di Taman Musik jelang penghujung Bulan Januari lalu.

Saat itu juga Yana langsung menghubungi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung untuk segera menindaklanjuti memberikan penanganan kepada Rama. Setelah berkoordinasi tak lama kemudian Rama pun lantas dirujuk untuk penanganan Rumah Sakit Santosa.

“Ternyata waktu itu ada satu anak yang didiagnosa dia ada kelainan fungsi syaraf perut akhirnya memerlukan tindakan operasi,” ujarnya.

Yana menegaskan, Pemkot Bandung melalui program UHC memberikan bantuan kesehatan bagi warganya yang kurang mampu. Utamanya, yang tidak terjamin oleh BPJS.

“Insyaallah selama yang bersangkutan warga kota bandung, kami dari Pemerintah Kota berupaya maksimal membantu Rama-Rama yang lain, kalau memang memiliki penyakit yang lain. Kita akan bantu semaksimal mungkin bekerja sama dengan rumah sakit,” ungkapnya.

Sementara itu, Abidin, Ketua RT 08 RW 03 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo menyatakan Rama beserta keluarganya yang selama ini bermukim di wilayahnya sudah terpantau mengalami masalah sejak beberapa tahun lalu.

Namun, kini Abidin bersyukur atas kesigapan Yana Mulyana maka warganya ini bisa mendapat penanganan secara cepat.

“Alhamdulillah dari dulu memang berharap bisa seperti ini (ditangani). Alhamdulillah sama Pak Wakil Wali Kota ini bisa cepet ditangani,” kata Abidin. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *