Wirausaha Masa Pandemi, Yana Dorong Pemuda

Bandung, Matainvestigasi.com – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yakin bahwa pemuda mampu berinovasi dan menjadi agen perubahan, Sabtu (06/02).

Termasuk memanfaatkan peluang untuk berwirausaha di saat pandemi seperto sekarang ini.

“Di tengah pandemi, saya harap pemuda memiliki cara baru berbisnis. Pemuda menjadi ujung tombak apa yang menjadi tantangan kita semua,” ujarnya saat menjadi Narasumber via Zoom Meeting pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) Universitas Pasundan Bandung.

Sesuai tema, Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan Dalam Diri Generasi Muda di Era Pandemi Covid-19, Yana yakin para pemuda mampu mengelola usaha.

Ia mencontohkan, online shop mampu berkembang, asalkan para pelaku usaha terus mempromosikan dan tangguh terhadap tantangan dan hambatan.

“Di eta pandemi ini pasti online shop itu akan menjadi bisnis, menjadi prospek baik,” ujarnya.

“Kemudian food delivery, bisa juga dinikmati,” imbuhnya.

Yana berpesan, pemuda juga harus kreatif menghadapi pandemi ini. Jalin komunikasi yang baik dengan para pelaku usaha untuk terus memanfaatkan pasar.

“Pemuda (sebagai pengusaha) mampu menangkap perubahan konsumen di masa pandemi dan di masa pasca pandemi ke depan,” tuturnya.

Atas hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun akan mendukung sesuai kemampuan. Mulai dari pelatihan sampai pemasaran.

“Kami (pemkot Bandung) akan memberikan pelatihan sehingga semakin tumbuh wirausaha baru yang terdiri dari para pengusaha. Mulai promosinya, informasi digital dan keahlian lainnya,”ujar Yana.

Tak hanya itu, ia berjanji memberikan kemudahan perizinan sesuai prosedur yang berlaku.

“Kami juga akan berikan kemudahan perizinan UMKM. Insyaallah dibantu oleh Dispora, dinas UMKM dan Disdagin,” ujar Yana. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *