Ipal Harus Baik Jangan Sampai Limbah Mengalir ke Sungai, Pangdam III/Slw : Pengusaha Harus Disiplin

oleh

Purwakarta, Matainvestigasi.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, didampingi para Asisten Kasdam III/Slw disambut Danrem 063/Sgj dan Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika serta Muspida Purwakarta, saat melakukan kunjungan kerja di Makodim 0619/Pwk, Jalan KK Singawinata No. 111 Kelurahan Nagri Kidul Purwakarta, Sabtu (27/02).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw juga memberikan bantuan kepada dua prajurit dan dua istri prajurit dari jajaran Kodim 0619/Pwk yang mederita sakit menahun.

Seusai memberikan bantuan sosial kepada prajurit dan keluarga prajurit, Pangdam III/Siliwangi bersama rombongan bertolak menuju Gunung Hejo Kecamatan Darangdan Purwakarta dilanjutkan melakukan penanaman pohon dan ikut menanam jahe merah.

Kemudian menuju lokasi Citarum Harum Sektor 15 Desa Cikaobandung Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakrta, disambut oleh Muspika Kecamatan Jatiluhur, dilanjutkan penebaran benih ikan pada daerah aliran sungai citarum.

Dalam sambutannya Pangdam III/Siliwangi mengatakan bahwa, dirinya sebagai Wadan Satgas Citarum Harum bidang ekosistem. Kebetulan saya sudah dua kali menebar benih ikan di PJT II Jatiluhur yang dulu terkenal dengan eceng gondok dan KJA (Keramba Jaring Apung), akan tetapi sekarang sudah tetlihat bersih.

“Semoga target pemerintah dalam 7 tahun Sungai Citarum sudah netral dan mutu air citarum lebih bersih,” ujarnya.

Lanjutnya ia menyampaikan, selain program netralisasi air Sungai Citarum, Kami juga melaksanakan program sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar lebih mencintai lingkungan.

“Dengan demikian, untuk para pengusaha agar lebih disiplin dalam mengolah IPAL dan limbah yang dialirkan ke sungai Citarum benar-benar sudah steril, sehingga ekosistem dalam air dan sungai tetap terjaga dan perlu diingat apabila kita jaga alam maka alam akan jaga kita” pesan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, mengakhiri. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *