PT Pesona Jaya Abadi Sesalkan Banjir Lumpur Masuk Rumah Warga, Tony : Saya Jamin Tidak Akan Terulang

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Banjir lumpur yang melanda warga Rt 04 Rw 24 Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan yang di sebabkan oleh Proyek Perumahan Bali Garden Pt. Pesona Jaya Abadi yang berlokasi di Jl Raya Awiligar di sebabkan kesalahan teknis di lapangan, Jum’at (19/03).

Kejadian banjir lumpur Rabu 17 Maret 2021 saat itu hujan angin yang cukup lebat,  sehingga curah air hujan tidak bisa teratasi di sebabkan saluran lari air hujan sempat terbendung oleh lalu lintas alat berat yang beroperasi di lokasi, dan menyebabkan air terjun bebas ke warga.

Tony selaku pemilik proyek membenarkan kejadian tersebut “benar kejadian itu ada, dan saya juga kaget kenapa hal tersebut bisa terjadi. Saat kejadian saya tidak di tempat, namun setelah kejadian saya lakukan peninjauan dan turun langsung ke warga yang terdampak.

“Banjir lumpur ke warga di sebabkan lintasan air yang terbendung alat berat saat operasional, dan salahnya kita tidak lakukan pengecekan di lokasi, padahal jalur buangan air di lokasi sudah saya buat di sisi RTH abadi fasum fasos, namun siapa sangka air lari ke warga saat curah hujan tinggi.

Tony menambahkan “dalam pembangunan ini saya sudah ikuti anjuran dari dinas, kita pakai sistem pemanfaatan air hujan juga, dan kita juga buat danau retensi untuk bisa di manfaatkan, sementara ini kegiatan masih dalam pematangan lahan dan pemasangan jalur drainase, kita melakukan pengisian air tanah dari curah hujan, agar ada keseimbangan.

“Kami Pt. Pesona Jaya Abadi sangat peduli dengan lingkungan, sehingga untuk fungsi konservasi air saja kita mengunakan PAH (Panen Air Hujan) di setiap rumah dan adanya kolam retensi sebelum masuk saluran pembuang untuk dimanfaatkan ulang penyiraman RTH, dan disaring kembali untuk di masukan ke sumur imbuhan untuk mengisi air tanah kembali setelah disaring terlebih dahulu.

“Kejadian kemarin akan kita perhatikan betul, dan memang itu kesalahan teknis. Saya jamin kejadian banjir lumpur ke warga sekitar tidak akan terulang, dan kita akan lakukan perbaikan, karena saat ini kita terus melakukan pemantauan, apa lagi saat ini curah hujan juga masih tinggi “ucapnya. (Chox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *