Hobi Sepedah Sebagai Transportasi, Yana : Bisa Jadi Bibit Atlet

oleh

Bandung, Matainvestigasi.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung upaya membudayakan bersepeda masyarakat sebagai moda transportasi. Tah hanya itu, budaya sepeda bisa menjadi wadah mencari bibit-bibit atlet pesepeda handal, Selasa (30/03).

Salah satunya dengan kegiatan bersepeda yang dilombakan dan diikuti oleh atlet dari berbagai kelas dengan rute dari Taman Nyland sampai Tangkuban Perahu/Cikole.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan kegiatan bersepeda tersebut bisa menjadi salah satu upaya mencari bibit-bibit untuk atlet pesepeda karena diikuti oleh berbagai kelas.

“Jadi ini kegiatan latihan balap sepeda yang dibagi beberapa kelas, ada kelas elit, junior. Junior itu rata-rata umurnya 15 tahun, terus ada putrinya juga, dan ada yang memang master,” katanya usai melepas start para pesepeda.

Yana mengatakan dalam kegiatan tersebut, semua kelas yang ada digabung menjadi tiga orang per grup, sehingga penilaiannya pun tidak berdasarkan individu.

“Ini tidak individu, nanti yang dinilai itu yang paling lambat dari tiga orang itu. Jadi harus kompak, tidak bisa satu orang saja di satu grup itu cepat sendirian,” ucapnya.

“Karena tetap saja nanti yang dihitungnya yang paling akhir, paling lambat. Jadi ini juga belajar soal kekompakan, soal kebersamaan tim,” lanjutnya.

Ia pun berharap dengan kegiatan tersebut dapat mencari bibit-bibit pebalap sepeda untuk Kota Bandung yang ke depan bisa mengikuti berbagai kegiatan.

“Ini untuk mencari itu (bibit-bibit pebalap sepeda). Nanti mereka finishnya di Cikole, itu ditempuh biasanya sekitar satu jam. Karena sampai titik Lembang aja itu mereka bisa sekitar 50 menit. Jadi ini kerjasama tim sama soal waktu juga,” ucapnya.

Yana menambahkan kegiatan bersepeda harus terus menjadi budaya di Kota Bandung, meski tidak semua orang jadi atlet sepeda, tetapi bersepeda bisa menjadi moda transportasi yang digunakan masyarakat saat ini.

“Tentunya kegiatan ke kantor atau aktivitas lain (bisa dengan sepeda). Dengan itu sebetulnya Kota Bandung secara tidak langsung diuntungkan, karena bisa menekan polusi kalau bersepeda ini menjadi budaya,” harapnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *