NTT Pasca Bencana Sulit Air, TNI AD Yonzipur 3/YW Hadir Atasi Kebutuhan Air Bersih

oleh

NTT, Matainvestigasi.com – Angkatan Darat memerintahkan Kodam III/Siliwangi mengirimkan bantuan untuk korban bencana Nusa Tenggara Timur, khususnya hadir untuk membantu masyarakat NTT yang sedang kesulitan air bersih pasca bencana alam yang melanda daerah tersebut, Rabu (14/04).

Seperti diketahui, minimnya air bersih dan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) menjadi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di Desa Waiburak Adonara Timur, Flores NTT Sehingga mereka yang rumahnya sudah hancur dan tinggal di tenda-tenda darurat harus mencari air ke lokasi yang cukup jauh.

Panglima Kodam III/Siliwangi memerintahkan Danyonzipur 3/YW untuk mengirimkan IPA mobile. IPA mobile tersebut mempunyai kemampuan memproduksi air bersih dengan kapasitas 5 liter/detik atau 18 ribu liter per jam. Dengan adanya alat tersebut bisa memenuhi kebutuhan air minum, MCK untuk 500 kepala keluarga atau setara dengan 2 ribu orang dalam keadaan normal. Jika dalam keadaan darurat atau bencana, bisa untuk memenuhi 4 ribu sampai 5 ribu orang.

IPA mobile 5 liter/detik ini dirancang untuk kebutuhan penduduk yang belum memperoleh layanan PDAM, dengan sumber air baku sungai, danau, situ, atau embung yang ada di wilayah sekitar.

Alat tersebut yang diawaki oleh 3 orang, yaitu Sertu Dedi Ruswanto, Kopda Wawan dan Praka Anom mampu mengolah air baku, yakni air tawar, air danau, air sungai dan lain sebagainya sesuai dengan peraturan PPRI no 82 Tahun 2001. Air hasil olahan adalah air minum sesuai dengan Permenkes RI No 492/Menkes/SK/IV/2010.

IPA Mobile sesuai dengan namanya dapat berpindah-pindah tempat dan dirancang untuk daerah kesulitan air dan darurat, alat ini cukup flexible.

Yang rencananya alat tersebut akan tetap berada di NTT sampai status tanggap darurat dinyatakan selesai oleh pemerintah. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *