oleh

Sungai Citunjung Tidak Tersentuh Banyak Belukar, Waspadai Saluran Limbah Siluman Pabrik

Kab Bandung Barat, Matainvestigasi.com – Aliran Sungai Citunjung tampak seperti hutan liar karena di penuhi semak belukar dan tampak juga sampah. Sungai yang dibatasi dinding pabrik itu seolah tidak di perhatikan dan kurang terawat, bahkan saluran buang pabrikpun tertutup belukar, Jum’at (16/04).

Ema warga Rt03/03 Desa Citunjung Kecamatan Batujajar Timur mengatakan “dulu mah suka bau banget airnya suka warna warni kaya pelangi, aroma menyengat ke hidung kadang tercium seperti bau kentut sungainya, yah itu karena limbah pabrik brother “ucapnya.

“Pernah di kontrol juga sama yang pakai bahu hijau banyaklah dan yang lainnya juga orang pabrik mungkin, tapi sekarang mah tidak pernah lagi dah lama, pabrik juga masih renovasi karena sudah di jual.

Abah menambahkan “daerah sini mah mana ada yang kontrol apa lagi beberes, mau dipinggir sungai ataupun sampahnya tidak ada yang peduli, paling saya macul dikit-dikit dari ujung sana ke sini, agar tanahnya tertata dan bisa ditanam “paparnya.

“Dulu mah ada yang bebersih ketika pabrik jalan limbahnya juga suka ada keluar, sekarang mah sedang tutup karena sudah di jual, untuk masalah sungai mana ada yang beberes, lihat saja sendiri sudah banyak semak belukarnya menutupi sungai “jelasnya. (Chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.