Kotoran Ternak Sapi Cemari Sungai Cikeruh Jatinangor, Dayat : Dua Tahun Sudah Biasa Saya Buang ke Sungai

Kab Sumedang, Matainvestigasi.com – Sungai cikeruh jatinangor kembali dicemarkan oleh kotoran peternak sapi milik warga sekitar. Tampak jelas kotoran tersebut menumpuk di sungai dan mengeluarkan bau menyengat khas kotoran sapi. Pemilik peternak sapi dengan sengaja membuang kotoran dan sisa jerami langsung ke sungai cikeruh Desa Mekar Galih Kecamatan Jatinangor, Senin (24/05).

Menurut keterangan warga sekitar Kp Cigowok Rt 01/12,  “saya yang dekat dari kandang sapi ini jelas merasa terganggu dengan baunya yang menyengat dan lalat dan nyamuk yang banyak masuk ke rumah apa lagi bila banjir, bisa di bayangkan kotorannya masuk ke dalam rumah “cetusnya.

“Ya tiba-tiba jadi kandang saja tanpa pemberitahuan, bahkan hal ini pernah disampaikan juga ke kadesnya (kuwu), tapi tidak ada tanggapan, karema kadesnya masih adik pemilik ternak sapi ini, jadi belum ada action alias cuek saja “pungkasnya.

Dayat pemilik sapi membenarkan dirinya buang kotoran ternak sapinya, menurutnya “saya belum pernah dengar warga komplen, dan saya enak saja makan dikandang sapi, nyaman sajalah. Saya ingin tahu warga yang komplen itu warga yang mana, biar saya tahu.? Kades atau kuwu disini masih adik saya “jelasnya.

“Saya buang kotoran dan jerami sapi ke sungai cikeruh sudah lama dan biasa, dua tahun saya jadi peternak sapi untuk di jual belum pernah dengar ada yang komplen warga, dan memang yang buang karyawan saya yang urus sapi, karena kandang dekat dengan sungai, pasti buangnya ke sungai kan besar sungainya dan mengalir.

“Tapi saya tahu kalau citarum harum, memang aturannya tidak boleh di buang ke sungai, tapi buangnya ke mana,? Saya belum pernah juga di datangi satgas citarum, dan memang benar saya belum pernah tahu satgas citarum ke saya “tegas dayat. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *