oleh

Sungai Cisangkuy Belum Aman Dari Sampah, Lahan Bantaran Sungai Dibebaskan Oleh Dana Desa dan Terkesan Mubazir

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Bantaran Sungai Cisangkuy masih tampak berantakan dan tampak sampah berserakan, konon itu tempat pengolelolaan sampah warga yang tanah bantarannya di bebaskan dari Dana Desa (DD) Kp Lembang Rt 06/04 Desa Kiangroke. Namun lokasi tersebut tidak tampak terawat, bahkan kumuh dan menjijikan, dan dipastikan lokasi tersebut juga penyumbang sampah yang masuk ke aliran sungai citarum (cisangkuy), sehingga jelas sungai masih belum aman dari limbah sampah plastik khususnya, Selasa (24/08).

Sampah warga yang dikelola oleh pengurus Rw ditarik iuran sebesar 10 s/d 15 ribu tiap KK oleh Rw. Sampah kemudian ditumpuk dan dibakar, tidak menutup kemungkinan sisanya terbuang masuk ke aliran sungai cisangkuy. Kondisi yang sangat ironis ini harusnya segera dibenahi secepatnya, mengingat saat ini program citarum harum yang masuk tahap jalan 5 tahun harus maksimal, dan semua elemen harus mendukung apalagi perangkat desa dalam mensukseskan program pusat tendang DAS sesuai dengan Perpres No 15 Tahun 2018.

H.Yuyun Suryana SH mengatakan, ” lahan yang dibeli lewat pengadaan memakai dana ADPD untuk tempat pengelolaan sampah dan bukan TPS. Luas lahan 126 m dengan harga 54 jt dibeli dengan dana ADPD, sementar malam tadi sudah di bereskan bersama satgas citarum bapak-bapak dari TNI di lokasi pengelolaan sampah, saat ini solusinya sudah tercapai ok tinggal eksen dan sementara sudah di tutup lama, “ungkapnya lewat pesan singkat.

Andri Dansub 07 sektor 21 menambahkan, “TPS tersebut di bebaskan pakai dana desa (DD) besarnya saya tidak tahu, tapi status tanahnya bukan punya bbws meski dekat bantaran sungai cisangkuy. Bila melihat situasinya itu sudah lama karena sampah berantakan di sepanjang lokasi dan pasti lari ke sungai, saya juga baru tau ada loaksi sampah di situ, kebetulan saya juga baru dua bulan jadi dansub, tapi saya sudah kumpulkan semua yang terkait, “ucapnya.

Info yang didapat dilapangan kades kiangroke sempat bersitegang dengan awak media saat ditanya tentang lokasi sampah dan pembebasan lahannya yang memakai Dana Desa tersebut. (Chox)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.