5 Persiapan Sebelum Membuka Jasa Foto Produk

BANDUNG, MATAINVESTIGASI.COM — Jasa foto produk merupakan sebuah usaha yang saat ini banyak dibutuhkan oleh para online shop. Toko online membutuhkan foto-foto produk yang tidak hanya bagus tapi juga menarik minat para pelanggan. Namun, tentu saja tidak semua pengusaha paham cara mengambil foto yang bagus dan punya kualitas untuk katalognya.

Hal ini ini hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang memang memiliki skill fotografi sebagai sebuah jalan untuk mendirikan usaha foto produk. Namun untuk memiliki usaha menjual foto dari produk ini tentu bukan hanya butuh skill, tapi juga perlu persiapan yang matang.

Inilah yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Jasa Foto Produk

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai jasa foto katalog produk. Berikut ini akan dijelaskan apa saja persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu, sebelum membuka jasa tukang foto produk.

1.     Punya Skill Fotografi

Bagi Anda yang belum memiliki skill fotografi tapi berencana untuk buka jasa foto katalog produk, maka harus belajar fotografi terlebih dahulu. Tidak hanya belajar, Anda juga harus sering melakukan praktek memotret gambar dari berbagai sudut pandang, hal ini tentu membantu Anda mendapatkan foto terbaik.

Jika tidak bisa belajar sendiri, maka Anda bisa bergabung pada komunitas fotografi yang tersebar cukup banyak. Bahkan setiap daerah biasanya memiliki komunitas fotografi sendiri.

Selain skill fotografi Anda juga harus mengetahui bahwa penggunaan kamera profesional menjadi sebuah keharusan. Hal ini untuk membantu Anda mendapatkan foto dengan resolusi tinggi yang layak dijual. Salah satunya Anda bisa memilih kamera profesional dari Nikon yaitu Nikon Z9. Kamera ini baru rilis di tahun 2021 dan disebut sebagai salah satu merk bisa diandalkan dari Nikon.

2.     Persiapan Modal Awal

Anda harus paham bahwa untuk membuka jasa foto, Anda perlu mempersiapkan modal awal yang tidak sedikit. Produk utama yang dibutuhkan ketika akan membuka usaha foto katalog produk adalah kamera profesional. Anda bisa memilih harga kamera mulai dari belasan juta sampai puluhan juta, tergantung dari budget atau modal usaha yang dimiliki.

Setelah itu Anda juga memerlukan yang namanya tripod, lampu blitz dan juga payung. Produk-produk seperti ini bisa menelan biaya sampai jutaan rupiah untuk kualitas produk yang bagus. Selain produk-produk, Anda juga harus tahu ada yang namanya biaya promosi. Agar lebih murah dan juga efisien, Anda bisa memilih promosi di media sosial.

3.     Tahu Strategi Foto Produk

Selanjutnya yang perlu dipersiapkan saat ingin membuka jasa usaha foto produk adalah mengetahui strategi terbaik untuk foto produk. Diawali dari memahami cara mendapatkan cahaya alami untuk foto dengan hasil yang memuaskan. Anda bisa mengambil foto pada siang hari atau sore hari agar tidak perlu cahaya tambahan.

Usahakan foto produk untuk lebih fokus dengan background yang bersih. Sehingga nantinya foto yang dihasilkan lebih fokus pada keseluruhan produk. Anda bisa mencari sudut pandang tidak biasa untuk menghasilkan foto yang keren dan juga unik. Usahakan foto yang dihasilkan bisa mencerminkan kualitas dari produk.

Buat foto sebagus mungkin jangan sampai menghasilkan motion blur, Anda juga bisa memanfaatkan tripod untuk menjaga kamera tetap stabil. Dalam menghasilkan produk yang terlihat natural. Anda bisa memilih trik untuk menghubungkan produk-produk dengan kehidupan nyata. Misalnya saat foto katalog dengan memfoto produk bersama benda-benda yang punya kaitan dengan produk tersebut.

Jangan terlalu cepat untuk menghapus foto yang dihasilkan. Biarkan terlebih dahulu foto-foto tersebut, lalu lihat kembali sekali lagi dan Anda akan menemukan foto terbaik untuk katalog. Tidak hanya perlu foto yang natural, Anda juga harus menghindari filter saat foto produk. Foto asli tanpa filter membantu para pelanggan untuk mengetahui kualitas produk.

4.     Buat Portofolio Menarik

Untuk  Anda yang baru membuka jasa foto produk, tentu belum banyak orang yang mengenal jasa dan kualitas dari foto yang dihasilkan. Maka dari itu Anda harus memilih solusi terbaik yaitu membuat portofolio semenarik mungkin. Dengan portofolio yang menarik, maka Anda dapat membuat para pelanggan jadi lebih mudah mengetahui hasil foto katalog yang Anda buat.

Sejak awal, sebaiknya publikasikan hasil foto produk langsung di media sosial atau bisa juga dengan blog pribadi. Pemanfaatan media sosial tidak hanya untuk publikasi portofolio tapi sekalian promosi gratis. Sebaiknya upload foto-foto terbaik anda, yang mencerminkan kualitas dari produk dan jasa yang ditawarkan.

5.     Selalu Upgrade Ilmu Baru

Meski jasa untuk foto katalog produk cukup menarik dan bisa menghasilkan income yang besar, tapi perlu diketahui bahwa tidak hanya Anda yang membuka usaha jasa ini. Oleh karena itu, ada baiknya Anda terus belajar meng-upgrade diri dengan ilmu-ilmu foto fotografi terbaru.

Belajar foto dengan memperbarui ilmu ini tidak lagi susah karena bisa lewat berbagai platform. Anda dapat belajar dengan cara gratis maupun berbayar untuk meningkatkan dan meng-upgrade keterampilan fotografi Anda. Anda juga harus belajar styling foto, hal ini untuk membantu Anda lihai dalam penataan produk, agar foto yang dihasilkan lebih menarik.

 

Itu tadi persiapan-persiapan yang harus Anda lakukan sebelum membuka jasa foto produk. Bagi Anda yang ingin mencoba usaha ini, disarankan untuk benar-benar memahami poin diatas, agar saat usaha sudah dibuka Anda tampil sebagai profesional fotografer untuk katalog produk.

Karena usaha foto produk membutuhkan barang-barang fotografi dan juga barang pendukung lainnya, tentu saat membeli produk-produk ini membutuhkan marketplace terbaik. Anda bisa mendapatkan kamera, tripod, lampu blitz bahkan background untuk foto dengan membelinya di Blibli. Blibli menghadirkan produk-produk terlengkap untuk kebutuhan usaha anda.

Untuk harga sendiri Anda tentu tidak perlu khawatir, sebab di Blibli menawarkan harga terbaik dengan diskon besar-besaran hingga 50%. Pastikan bahwa Anda mengunjungi Blibli baik melalui aplikasi maupun website resmi sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *