PT Sinerga Nusantara Indonesia Ditutup Sementara Operasi Limbahnya, Gakkum dan Satgas Citarum Sektor 9 Murka

Kab Bandung Barat, Matainvestigasi.com – Ketua harian satuan tugas Citarum Harum Mayjen TNI (Purn) Dedy Kusnadi Thamim, Dinas Lingkungan Hidup Jabar (DLH) Prima Mayaningtias memantau langsung PT.Sinerga Nusantara Indonesia yang berlokasi di Kp. Neglasari Rt03/13 No 111 Desa Gelanggang Kecamatan Batujajar diduga melakukan beberapa indikasi pelanggaran terutama limbah yang telah dimasukan ke dalam drum lalu dikubur untuk dimasukan ke dalam bawah tanah, Sabtu (15/01).

Kepala DLH provinsi Jabar Prima Mayaningtias mengatakan, “bahwa kami menerapkan sanksi penghentian sementara untuk PT Sinerga dengan keluarkan pertimbangan, ada 15 point pelanggaran yang dilakukan oleh PT sinerga, diantaranya banyak dokumen diluar perizinan yang telah diberikan belum semuanya terpenuhi peruntukannya.

“Kemudian ada juga beberapa pelanggara, tolong diadakan pengawasan agar tidak menghilangkan barang bukti yang ada. Dan apabila PT Sinerga ini bisa memenuhi maka kita akan evaluasi dan mencabut sanksi, dan PT Sinerga bisa melakukan kegiatan kembali, “ungkapnya.

Ketua satgas harian Dedy Kusnadi Thamim mengatakan, “berdasarkan dalam Perpres No 15 Tahun 2018 itu tidak bisa dibantah lagi, apapun aktivitas masyarakat yang berada disini harus ada penanganan khusus dari penegakan hukum. Untuk sementara kegiatan dari Sinerga akan ditutup sementara sampai waktu yang ditentukan.

“Itu adalah sebuah resiko mau dari penegak hukum ataupun perusahaan, semua tidak beresiko jika memiliki perizinan yang lengkap segala macam aturan dipenuhi, baru tidak ada resiko” paparnya.

Saleh Perwakilan dari Mentri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  mengatakan, “bahwa yang seperti ini tidak akan terjadi lagi, maka dari itu untuk yang lain cukup dijadikan contoh saja, khususnya disektor 9. Dan saya yakin masih banyak di sektor-sektor yang lain dan tidak akan saya biarkan, dan kemungkinan tolong kerja samanya antara TNI dan Penegak hukum untuk terus berjalan bersama, “tegasnya. (FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *