Kembali Beroperasi! Catat Rute Bus Sekolah Gratis di Kota Bandung

Bandung, Matainvestigasi.com – Memasuki tahun ajaran baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyediakan fasilitas berupa bus sekolah gratis sebanyak empat unit, Senin (18/07).

Bus sekolah ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengurai kemacetan di Kota Bandung.

Terdapat empat koridor rute yang dioperasikan sejak Senin ini. Koridor 1 rute mulai dari Antapani – Ledeng. Koridor 2 dari Leuwipanjang – Dago. Koridor 3 dari Cibiru – Alun alun. Lalu, Koridor 4 dari Cibiru – Cibeureum.

Jika warga Bandung ingin mencoba pergi ke sekolah dengan bus ini, silakan simak rute dan jam operasional berikut.

Bus sekolah dengan kode BS01 melalui rute Antapani – Ledeng. Untuk ke arah Antapani, bus sekolah akan melewati Terminal Ledeng – Jalan Dr. Setiabudi – Cihampelas – Wastukancana – RE. Martadinata – Perintis Kemerdekaan – Ahmad Yani – Ibrahim Adjie – Terusan Jakarta – dan berakhir di Terminal Antapani.

Sedangkan ke arah Ledeng, bus ini akan berangkat dari Terminal Antapani – Jalan Terusan Jakarta – Jakarta – Supratman – Riau – Wastukancana – Cihampelas – Setiabudi – berakhir di Terminal Ledeng.

Lalu, bus BS02 akan melewati rute Dago – Leuwipanjang. Untuk arah ke Leuwipanjang dimulai dari Unpad Dipatiukur – Jalan Ir. H. Juanda – Merdeka – Tamblong – Lembong – Lengkong Kecil – Lengkong Besar – Otto Iskandardinata – Peta -Leuwipanjang.

Sedangkan bus yang mengarah ke Dago akan dimulai dari Terminal Leuwipanjang – Jalan Kopo – Peta – Moh. Ramdan -Karapitan – Sunda – Sumbawa – Belitung – Aceh – Seram -Hasanudin – Unpad Dipatiukur

Kemudian, bus sekolah BS03 akan beroperasi untuk koridor rute Cibiru – Alun-alun. Dimulai dari Bunderan Cibiru – Jalan Soekarno Hatta – Buahbatu – Gurame – Asia Afrika – Alun-alun Bandung.

Sebaliknya dari arah Alun-alun menuju Cibiru melewati Jalan Otto Iskandardinata – Inggit Ganarsih – Pungkur – BKR – Pelajar Pejuang 45 – Buahbatu – Soekarno Hatta – Bunderan Cibiru.

Sementara itu, bus sekolah BS04 akan beroperasi untuk rute Cibiru – Cibeureum/Elang. Pada arah menuju Halte Elang, akan melewati Bundaran Cibiru – Jalan Soekarno Hatta – Sudirman – Rajawali Barat – Elang.

Lalu, pada arah ke Cibiru, bus akan beroperasi dari Jalan Rajawali Barat – Soekarno Hatta – Bundaran Cibiru.

Untuk jam operasionalnya, seluruh koridor bus sekolah akan mulai berjalan dari pul Gedebage pukul 05.45 WIB. Sedangkan, pada masing-masing koridor terbagi menjadi beberapa waktu.

-Koridor 1 dari Leuwipanjang dimulai pukul 10.25 WIB.
-Koridor 2 dari Antapani dimulai pukul 10.35 WIB.
-Koridor 3 akan dimulai dari Gedebage dimulai pukul 10.20 WIB.
-Koridor 4 akan dimulai dari Gedebage dimulai pukul 10.30 WIB.

Meski koridor 3 dan 4 titik kumpul ujungnya di Cibiru, tapi karena tak ada tempat untuk transit, bus diberangkatkan dari persimpangan Gedebage.

Untuk kapasitasnya, pada unit bus di koridor 1, 2, dan 4 maksimal bisa membawa penumpang sampai 70 orang. Sedangkan pada koridor 3 hanya sampai 35 orang.

Bus ini akan terus beroperasi sesuai dengan hari sekolah anak-anak di Kota Bandung. Anda bisa menaiki bus tersebut di halte-halte yang tersedia sepanjang jalur rute yang ada. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *