oleh

QRIS AdventuRUN, Sinergi Pemkot Bandung dan BI Jabar

Bandung, Matainvestigasi.com –  Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Bank Indonesia (BI) Jawa Barat terus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Salah satunya lewat acara QRIS AdventuRUN, Selasa (09/08).

Acara ini rencananya bakal digelar 20 Agustus 2022 dan dirancang dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus menjadi rangkaian Hari Jadi ke-212 Kota Bandung.

Selain upaya akselerasi ekonomi lewat transaksi digital dengan media QRIS, acara ini juga bakal memperkenalkan Buruan Sae sebagai upaya penguatan ketahanan pangan yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut positif acara ini. Menurut Yana, Kota Bandung sudah sepakat melakukan transformasi pelayanan publik menuju digital sejak terpaan pandemi Covid-19.

“Layanan publik kami akselerasi sehingga berbasis digital,” ujar Yana di Balai Kota Bandung, Selasa 9 Agustus 2022.

Sebagai informasi, QRIS AdventuRUN merupakan rangkaian dari West Java Digital Economic Festival yang digelar BI Jawa Barat.

Acara ini bakal memadukan tiga unsur: olahraga, edukasi terkait transaksi digital berbasis QRIS, serta upaya ketahanan pangan lewat pengenalan program Buruan Sae.

Biaya registrasi acara ini sebesar Rp17.822 yang mengacu pada tanggal kemerdekaan Indonesia ke-77 (17-8-22) dan dibayarkan lewat medium QRIS.

Untuk diketahui, biaya tersebut diperuntukkan sebagai pembelian bibit tanaman (cabai dan tomat) yang nantinya akan sejalan dengan program Buruan Sae. Nantinya, para peserta juga akan mendapat edukasi untuk menanam benih dua tanaman tadi, untuk diaplikasikan di rumah.

“Jadi bukan hanya olahraganya saja. Melainkan ada juga edukasi terkait ekonomi, dan juga lingkungan hidup serta ketahanan pangan lewat program Buruan Sae,” ucap Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Jefri Dwi Putra.

Ia menyebut, acara ini ditargetkan menjaring 1.000 peserta. Sebagai informasi pula, Jefri menyebut saat ini Pemkot Bandung menduduki peringkat satu sebagai pemerintah daerah yang menerapkan transaksi elektronik di Jawa Barat.

Raihan peringkat satu itu didapat dari proses digitalisasi dalam bertransaksi di tingkat pemerintah daerah.

Pada semester 1 tahun 2021, Pemkot Bandung meraih peringkat 9 di Jawa Barat. Sedangkan pada semester pertama 2022, Pemkot Bandung melesat sampai kini menduduki peringkat pertama. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.