oleh

PT Chitose Internasional Tbk Diduga Limbah Cairnya Belum Aman Dibuang, Bahanya Cucian Chrome Busa Berlebih

Cimahi, Matainvestigasi.com- Pencemaran lingkungan atau sungai sepertinya tidak akan bisa hilang. Oknum pelaku industri masih kerap membuang limbah kotor ke aliran air dengan busa dan berbau seperti yang di lakukan PT. Chitose Internasional Tbk Jalan Industri III No.5, Leuwigajah Cimahi, Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Rabu (21/09).

Pt. Chitose tertangkap kamera saat senin malam 19/09/2022 sekira pukul: 23.00 wib, saat team media ini melakukan penyisiran ke lapangan ditemukan limbah berbusa yang mengalir ke sungai. Kuat dugaan bahwa itu dilakukan Pt Chitose.

Saat di konfirmasi, Siswanto HCGA pihak chitose mengatakan, ” bahwa Limbah yang dilepaskan ke area bebas atau sungai katakanlah yang ada muatan B3, harus melalui uji lab, jangan ujuk-ujuk bilang oh ini berbusa, berwarna tidak bisa di lihat dari kasat mata saja, “ungkapnya.

“Limbah kami sudah sesuai baku mutu dan kami juga selalu melakukan pengujian Laboratorium, kami juga ada laporan ke Dlh Cimahi.

“Memang saluran kami ada disana, kalau rekan saya baru bergabung jadi kurang hafal, tapi menurut hemat kami untuk memberikan satu fakta data, sebaiknya diuji lab dulu, “ungkap dia.

Ketika Siswanto ditanya tentang limbah yang dibuang masih berbusa hasil olahan dari pabrik ini (Chitose) baik atau buruk ? Dia mengatakan kami harus berbicara data, kalian bawa saja dulu hasil uji labnya oke dengan limbah, kita tidak bisa menebak, “katanya.

Zaenal menambahkan, “dalam hal ini kita terima kasih sudah di ingatkan, namun bicara berbusa berlebih dari limbah cair yang keluar, saya anggap masih baguslah sesuai baku mutu, dan saat itu memang kita juga tidak produksi, “pungkasnya.

Ilham mengungkapkan, “Pt. Chitose ini bergerak di bidang manufacture dan ada chrome logamnya, tapi kita jamin limbah kita aman untuk di buang, karena jelas kita selalu uji lab dan mengikuti anjuran pemerintah juga satgas citatum sektor 21, “jawabnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *