Warga Arab Saudi Manfaatkan Danau Yang Dadakan, Bisa Main Jet Aki

Internasional, Matainvestigasi.com – Sebuah danau begitu saja muncul di Arab Saudi sehingga warga setempat bisa memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi baru, Senin (23/01).

Danau tersebut muncul bukan tanpa sebab lantaran wilayah Arab Saudi, tepatnya di Wadi al-Rummah, diguyur hujan lebat belakangan ini.

Akibatnya, guyuran hujan yang deras menciptakan danau yang lokasinya berada di tengah iklim yang gersang di Arab Saudi.

Dikutip dari Alrabiya News, Kamis (19/1/2023), kemunculan danau digunakan oleh warga setempat untuk berbagai aktivitas.

Mereka dapat bermain jet ski, naik perahu, menerbangkan layang-layang, termasuk menunggang kuda.

“Salah satu lembah sungai terpanjang di Arab Saudi, Wadi Al-Rummah dipenuhi air,” tulis AFP dalam unggahannya di Twitter.

“Membentang sepanjang hampir 600 kilometer, lembah itu telah banjir setelah dua minggu diguyur hujan lebat di bagian timur wilayah Qassim.”

“Sudah hampir kering selama bertahun-tahun,” tambah kantor berita tersebut.

Aliran air di Wadi al-Rummah. Masih dari sumber yang sama, Wadi al-Rummah terisi oleh air sampai penuh sekitar tiga kali setiap seratus tahun menurut studi geologi.

Kawasan tersebut terakhir kali dialiri air pada tahun 1945, 1982, 1987, 2004, 2008, dan 2018. Tahun 1818, air menggenangi Wadi al-Rummah selama 40 hari. Sementara itu, air menggenagi kawasan ini selama 22 hari pada tahun 1987 dan 17 hari pada tahun 2008. Air di Wadi al-Rummah sempat meluap dan menciptakan danau dengan luas 520 kilometer persegi.

Danau tersebut bertahan selama dua tahun dan kawasan ini didatangi oleh burung-burung yang sebelumnya jarang terlihat. Sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan padang gurun. Namun, Pusat Meteorologi Arab Saudi meperingatkan warga setempat untuk berhati-hati terhadap kemungkinan hujan deras.

Diinformasikan bahwa hujan deras yang dibarengi angin kencang berpotensi terjadi di Jeddah, Riyadh, Mekkah, Taif, al-Kamil, termasuk al-Qunfudhah.

Wilayah lain yang diperkirakan dilanda cuaca ekstrem adalah al-Qassim, Rabigh, al-Ardiyat, al-Laith, al-Qunfudhah, Khulais, Bahra, Asir, dan Adham al-Baha. Menariknya, wilayah Tabuk yang berada di utara Arab Saudi berpotensi diselimuti salju karena suhu yang turun drastis di lokasi ini. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *