Pabrik Perhiasan, PT Lotus Lingga Pratama Diduga Masih Cemari Sungai, Meski Nampak Bening

Kab Bandung Barat, Matainvestigasi.com – PT. Lotus Lingga Pratama yang bergerak di bidang perhiasan (Specializing in Gold Jewelry Design) berlokasi di K<span;>awasan Industri Cimareme Jl. Industrial Cimareme 1 No. 8 Cipendeuy Padalarang, Cipeundeuy, Kec. Padalarang Jawa Barat, diduga masih berkontribusi cemari sungai, Senin (06/02).

Terlihat limbah cairnya yang di buang mengalir ke saluran air tampak bening, saat di telusuri Jum’at 03/02/2023 pukul 23:00 wib. Sekilas air limbahnya bening, namun agak berbau dengan Ph 5 (Asam).

Diduga air limbah yang di buang dari Pt lotus perhiasan ini masih bisa berpotensi mencemari sungai, meski tampak airnya bening dan hangat. Dalam hal ini pihak Satgas Citarum Sektor 9, Dlh Bandung Barat harus bisa melakukan kajian lagi dan pengawasan terhadap Pt. Lotus, agar bisa membuang limbahnya lebih baik lagi.

Saat di konfirmasi langsung, pihak Pt Lotus masih belum bisa di temui, dikarenakan sedang rapat internal, dan meminta menunggu. “Saat ini kita sedang rapat, baru saja mulai rapat, nanti di hubungi via telpon, “ucap security.

Perlu diketahui, limbah cair yang di buang pabrik perhiasan ini juga membawa butiran sludge kecil-kecil yang terbawa saat limbah cair sedang ngucur ke selokan. Karena pengolahan perhiasan khawatir dengan dugaan Mercury.

Terkadang oknum pelaku juga melakukan kucing-kucingan. Bila ada kesempatan, maka bersiap membuang limbah kotornya ke sungai. Berharap tingkat kesadaran bersama bisa lebih baik lagi, agar sungai citarum aman dari pencemaran, dan membuang sesuai dengan baku mutu yang baik. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *