Pabrik Kosmetic Laksana Mekar Padalarang Tampak Buang Limbah Cair Berwarna Coklat Kental

Kab Bandung Barat, Matainvestigasi.com – Wilayah Bandung Barat salah satu area industri yang cukup banyak dan luas. Dinas dan pihak terkait yang menjadi garda pengawasan dan penindakan pelanggar lingkungan harus jeli dan fair dalam melakukan upaya pencemaran lingkungan, Rabu (08/02).

Seperti yang terjadi di Pabrik Kosmetik Jl. Ladar kampung Sindang Sari,RT 01/RW 06 Laksanamekar Kecamatan Padalarang yang tertangkap camera saat mengucurkan limbah air kotornya ke parit yang akan mengalir ke sungai. Limbah cair berwarna coklat kental dan agak bau memiliki PH yang cukup tinggi.

Ketika di konfirmasi, pihak pabrik menjelaskan, ” entahlah apa nama pabrik ini saya juga tidak tau. Namanya banyak sih, namun belum fix untuk di jadikan branding dari pabrik ini, “ungkap Reja selaku penanggung jawab.

“Pada dasarnya saya hanya pekerja saja, dengan gaji yang cocok dan kerjaan saya selaku teknisi gedung yang baru di bangun ini, saya tidak tahu menahu dengan urusan limbah pabrik, tapi mengenai limbah yah harus di riset dengan ahlinya.

Reja menambahkan, saya belum bisa menyimpulkan limbah ini dari mananya, meski asal dari pembuangan pabrik yang baru di bangun, karena saya takut salah ngomong. Karena ini bukan kapasitas saya, masalah ini harus ketemu dengan vendornya, karena dia yang harus jelaskan, “ucapnya.

“Dulu pernah ini di periksa DLH dan Satgas Citarum gara-gara air berbusah, namun bukan berasal dari pabrik ini, jadi yah aman saja tidak ada masalah.

Diduga pihak pabrik masih menutupi keterangan, meski sudah tampak jelas membuang limbah cairnya ke parit. Warga sekitar juga mengeluhkan  menurut keterangan di lapangan pabrik tersebut PT. Skinsol Kosmetik Industri. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *