Busa Melimpah dan Mengandung Lumpur Limbah Cair Milik PT Aswindo Jaya Sentosa Ngucur Deras ke Sungai

Cimahi, Matainvestigasi.com – Pt. Aswindo Jaya Sentosa yang berlokasi di JL. Cilbaligo, Km 0,5/4, Cibeureum, Cimahi Selatan membuang limbah cairnya yang mengandung lumpur dan busa yang melimpah tampak langsung di saluran buang (outfall), Kamis (09/03).

 

Limbah cair Aswindo tertangkap camera langsung saat rabu malam di titik oufall. Saat itu saluran limbahnya menyemburkan air yang di buangnya dengan deras ke sungai cibaligo. Air berwarna kuning dengan busa tebal dan mengandung lumpur masuk langsung ke sungai.

Ketika dikonfirmasi pihak aswindo Andi Simarmata (HRD) mengatakan, “bila ada yang di video saya lihat benar itu outfall kita seperti apa yang ada di video, kita pabrik memiliki lahan yang minim tidak satu hektar. Dan kita memakai kimia fisika untuk proses limbahnya, dan juga pakai recycle.

“Kita juga memuliki bak minim bila sudah overflow pasti akan terbuang, kan recycle tidak semua dipakai airnya. Kita rencana juga mau memperluas lahan seandainya dari sini ada yang jual, kita beli, “ungkapnya.

Memang tidak menutup kemungkinan limbah cair kita ini bisa saja kekurangan atau kelebihan obat, namun secara teknis saya juga kurang paham dan itu memang harus orang teknis atau konsultan yang menjelaskan, yaa kan tidak mungkin juga konsultan di sini tiap hari, “tambahnya.

Tampak juga di lokasi pabrik Aswindo TPS Limbah yang berantakan percis depan halaman pabrik, dan ada air yang menggenang bercampur dengan debu batubara. Diduga juga TPS limbahnya kurang baik. (Red)

Tonton juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *