Limbah Cair Coklat Keruh Kembali Masuk ke Sungai Cibaligo, Diduga Limbah Identik Milik PT Dewasutratex

Cimahi, Matainvestigasi.com – Pencemaran sungai kembali terjadi menjelang puasa, yang kemungkinan produksi pabrik meningkat. Seperti yang terjadi pada Pt. Dewasutratex yang berlokasi di Jl. Cigugur Tengah No.76, Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, diduga ada saluran siluman membuang limbah cair yang kurang baik ke sungai, Kamis (09/03).

Limbah cair yang tertangkap camera saat rabu malam 08/03/23 pukul 21:59 Wib yang sempat terbuang ke sungai dengan warna coklat keruh. Saat di kroscek antara pertemuan air yang mengalir dengan pabrik yang lain, warna limbah cair coklat yang di buang identik dengan limbah cair yang di olahnya saat ditemukan malam itu.

Saat di konfirmasi langsung, pihak pabrik Dewasutratex Achmad yang juga di bagian lingkungan yang juga hadir Panji selaku HRD perwakilan dari management pabrik mengiyakan bahwa limbah yang tersebut identik dengan fisika dan kimia.

“Yah, sesuai dengan warna tersebut identik sama secara kimia dan fisika, memang limbah cair kita seperti itu. Namun kita akan lakukan monitoring dan nanti kita periksa secara masif, kita akan panggil nanti dari orang ipalnya, karena memang ipal kita juga di awasi cctv.

Saya, terima kasih atas infonya ini. Rekan-rekan sudah bantu untuk informasinya dan akan kita lanjuti segera, namun saya memberitahukam pimpinan saya Rahmat Sentosa, biar dari pimpinan saya bisa memberitahukan pimpinan juga (owner) agar segera di perbaiki dan tindak lanjuti secepat mungkin, “ucap Achmad.

Seakan tidak pernah jera, oknum pelaku industri masih saja cari kesempatan untuk membuang limbah cairnya dengan cara kucing-kucingan yang mengakibatkan pencemaran pada DAS. Berharap pihak terkait bisa melakukan tindakan secara serius dan tegas. (Red)

 

Tonton Vid;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *