Ribuan Bangkai Ayam Menumpuk Dijalur Kawasan Wisata Gunung Batur

Bangli, Matainvestigasi.com – Warga yang berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang, tepatnya di Banjar Toya Bungkah, Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Bangli mendadak resah, Senin (20/03).

Pasalnya, di lokasi tanah kosong desa mendadak ada tumpukan bangkai ayam potong (ayam broiler) yang menggunung.

Bangkai ayam yang diperkirakan jumlahnya ribuan dibuang orang tidak dikenal (OTK) di kawasan TWA Gunung Batur Bukit Payang.

Keberadaan bangkai ayam tersebut diketahui oleh masyarakat sejak Senin 20/03/23 siang hari.

Salah satu warga setempat melalui akun di media sosial (Facebook) mengeluhkan kelakuan orang yang tidak bertanggung jawab membuang bangkai ayam di kawasan Gunung Batur.

Lokasi dibuangnya bangkai ayam itu di kawasan wisata mobil Jeep. Selain itu lokasi itu juga akses menuju jalur Pura Jati menuju Pura Prapen.

Masyarakat dibuat resah dan khawatir bangkai ayam itu mengganggu aktivitas masyarakat dan wisatawan yang melintas di TKP akibat aroma bau busuk yang keluar.

Selain itu, bangkai tersebut bisa menjadi bibit penyakit bila tidak segera diatasi dan ditangani.

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya temuan bangkai ayam tersebut. Diperkirakan jumlah bangkai ayam yang dibuang sekitar 2.000 ekor.

“Tumpukan bangkai ayam ditemukan tadi pagi. Di wilayah itu sebetulnya tidak ada yang memiliki usaha peternakan ayam,” jelasnya.

Kompol Ruli menyampaikan bahwa masyarakat berencana akan melakukan tindakan awal dengan menuangkan BBM jenis Solar untuk selanjutnya dibakar guna mencegah terjadinya dampak gangguan kesehatan maupun bau busuk yang menyengat mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.

“Hal tersebut masih akan dikoordinasikan dengan BKSDA mengingat wilayah tersebut dibawah pengawasan BKSDA,” ungkapnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *