Dugaan Limbah Cair Pasar Proklamasi Rengasdengklok, Rencana Petani Saderek Akan Cor Saluran 

Karawang, Matainvestigasi.com – Tak main-main pemuda petani Saderek kecamatan Rengasdengklok rencananya akan menutup saluran air PT Visi Indonesia yang membuang air ke area persawahan milik warga, Senin (15/05).

Soal isunya akan dilakukannya aksi pengecoran pembuangan air dari pasar proklamasi Rengasdengklok diakui oleh Didi Subandi ketua pemuda Petani Saderek karena air dari pasar tersebut berpengaruh pada PH tanah dan hasil panen menurun.

“Ada perubahan PH tanah, bahkan mengurangi penghasilan karena yang biasanya bisa mencapai 6 ton tapi sekarang hanya menghasilkan 3 ton,” kata Didi kepada wartawan, Kamis (11/05/23).

Selain dugaan limbah cair dari pasar proklamasi Rengasdengklok ke area persawahan ternyata ada pembatas tembok pasar yang ambruk ke saluran air, namun sayangnya pihak pengelola pasar proklamasi terkesan cuek dan membiarkannya sampai saat ini.

“Ada pembatas tembok yang ambruk menutupi saluran air sehingga air dari irigasi yang mestinya mengalir melalui saluran tapi kini air dari irigasi langsung ke sawah. Sampai saat ini seperti dibiarkan oleh pengelola pasar,” ungkapnya.

Bahkan kata dia pengelola sawah yang terkena dampak dari dugaan air limbah tersebut sudah komitmen akan menutup saluran yang mengalir ke sawah.

“Dari pengelola lahan yang terkena dampak limbah pasar proklamasi sudah komitmen bahwa akan ditutup saluran pembuangan limbah dari pasar proklamasi Rengasdengklok karena kalau tidak ditutup, limbahnya akan masuk ke area persawahan,” Pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *