Gratis Naik KCIC Buat Warga Jakarta Bandung Selama 90 Hari

Kab Bandung, Matainvestigasi.com – Rencanya Pemerintah akan gratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung yang rencananya akan mulai beroperasi penuh pada 18 Agustus nanti. Namun, tiket gratis ini hanya berlaku untuk periode waktu tertentu. Sebagai informasi, tarif kereta ini akan dibanderol berkisar Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu per penumpang dan tanpa subsidi, Jum’at (23/06).

Sementara itu, Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Kamis 22/06/23 kemarin. Luhut ingin memastikan Kereta Cepat aman digunakan sebelum benar-benar beroperasi pada pertengahan Agustus 2023 mendatang.

Luhut didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto, serta Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, setelah peluncuran pada 18 Agustus, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan membuat program dengan memberikan kesempatan cuma-cuma alias gratis bagi seluruh warga khususnya DKI Jakarta dan Bandung untuk naik kereta cepat.

“18 Agustus soft launch. Setelah itu penumpang gratis sampai Oktober. Penumpang akan dipilih,” ungkap Budi Karya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Kamis 22/06/23 dilansir dari CNBCIndonesia.

Hal yang sama juga dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, program tiket gratis itu perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden kemarin sudah kasih instruksi bahwa kita berikan rakyat sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis kereta api ini. Itu kita harapkan bulan Juli sudah kita bisa lakukan,” katanya.

Sementara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di kesempatan berbeda menyebutkan, warga yang bisa menaiki Kereta Cepat secara gratis dibatasi. Pendaftaran dilakukan secara online. Jadi siapa cepat dia dapat.

“Dari 18 Agustus selama 90 hari, kereta api cepat akan digratiskan kepada warga, silahkan daftar nanti ada pembukaan online karena kapasitas kereta sekitar 600 penumpang,” katanya.

“Siapa yang ingin tidak bayar, semua asal bisa ticket war ya istilahnya, untuk mencoba kereta api cepat tanpa bayar selama 90 hari atas arahan Bapak Presiden, sehingga semua bisa merasakan manfaat,” pungkas Ridwan Kamil. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *