Beras Mahal Inflasi Tinggi, Mendagri Copot Pj Walikota Cimahi

Cimahi, Matainvestigasi.com – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mencopot Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan. Hal itu lantaran Pj Wali Kota Cimahi tidak bisa menekan inflasi dan menurunkan harga beras di Kota Cimahi, Senin (09/10).

Tito menyampaikan kabar pencopotan Penjabat Wali Kota Cimahi saat menggelar rapat koordinasi pengendalian inflasi melalui kanal Youtube Kemendagri. Pengendalian inflasi di Kota Cimahi ini berbeda jauh dengan Kabupaten Aceh Barat yang mampu mengendalikan inflasi daerah.

Saya sudah berkali-kali menyampaikan kepada Kota Cimahi, inflasinya tinggi, berasnya (harga) naik, tidak turun-turun. Saya sudah berkali-kali ingatkan, tidak juga terkendali. Padahal Cimahi ini terkelilingi penghasil cabai. Saya minta untuk diganti (copot),” ungkap Tito, Senin (9/10/2023).

Surat pencopotan Pj Wali Kota Cimahi itu, kata Tito, pihaknya sudah mengeluarkan pada 7 Oktober 2023 lalu. Hal itu berbarengan dengan pengajuan perpanjangan Penjabat Bupati Aceh Barat kepada Presiden Jokowi yang dapat mengendalikan inflasi.

Sebelumnya, Pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat, terus melakukan upaya maksimal mengendalikan harga beras. Salah satunya dengan menggenjot bantuan pangan kepada masyarakat.

“Sudah saya tandatangani (pencopotan D. Suratno Nugrahawan) menjadi Pj Wali Kota Cimahi pada Sabtu kemarin dengan,” tutur Tito.

Sebagai informasi, Dikdik Suratno Nugrahawan mulai menjabat sebagai Pj Wali Kota Cimahi pada Oktober 2022 lalu.

Gubernur Jawa Barat pada saat itu Ridwan Kamil, melantik D. Suratno Nugrahawan menjadi Pj Wali Kota Cimahi. Sebelum menjabat Penjabat Wali Kota Cimahi, D. Suratno Nugrahawan menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Cimahi. Ia menggantikan Wali Kota Cimahi Ngatiyana yang purnatugas terhitung 22 Oktober 2022.

Bahkan, Ridwan Kamil kala itu mengamanatkan kepada D. Suratno Nugrahawan melahirkan kekokohan ekonomi dengan keberpihakan anggaran di tahun 2023. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *