Bahas Proyek IKN, Beberapa Konglomerat Berkumpul

Bandung, Matainvestigasi-com – Beberapa Konglomerat berkumpul bahas IKN. Mengutip keterangan resmi Kementerian Sekretariat Negara, Presiden mengatakan pemerintah tidak bisa membangun IKN secara mandiri, Sab’tu (09/12).

Oleh karena itu, Jokowi mengajak semua pihak untuk ikut serta mendukung pembangunan IKN, terutama pengusaha-pengusaha di dalam negeri.

Sejumlah konglomerat kenamaan Indonesia berkumpul bersama dan membahas proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Hal itu diketahui dari informasi yang disampaikan oleh politisi PDIP Maruarar Sirait melalui akun Instagramnya @maruararsirait pada Kamis (7/12).

“Sambil makan malam, kami berdiskusi dengan pengusaha senior yang sangat sukses,” ujar Maruar dalam unggahannya.  Ia menjelaskan, mereka berdiskusi soal IKN, yakni bagaimana membuat Indonesia sentris, mendorong pemerataan dengan pembangunan IKN, dan membuat pusat ekonomi baru di kawasan Kalimantan.

“Senang berdiskusi dengan senior-senior pengusaha sudah puluhan tahun berkiprah dalam perekonomian Indonesia, mendapatkan banyak pengalaman,” ujarnya. Pemerintah saat ini tengah mengebut pembangunan pusat pemerintahan dan infrastruktur dasar di IKN. Progres pembangunannya saat ini  mencapai 52%.

“Pemerintah tidak bisa sendiri, butuh peran dan kontribusi banyak pihak, termasuk utamanya para pengusaha, investor, dan CEO yang hadir di sini,” kata Presiden dalam sambutannya dalam acara Kompas 100 CEO Forum yang digelar di kawasan IKN, Kamis (2/11). Pengusaha besar atau konglomerat dalam negeri memang didorong Jokowi untuk berinvestasi di IKN. Beberapa di antaranya sudah berkomitmen, dan sudah memulai pembangunan, meski baru dalam tahap groundbreaking.

Melalui unggahan foto yang di akun Instagram tersebut setidaknya ada 4 konglomerat yang hadir dan membahas IKN.

Pertama, pendiri sekaligus pemilik Agung Sedayu Grup Sugianto Kusuma. Kedua, pemilik Barito Pacific yang saat ini menjadi orang terkaya di Indonesia Prajogo Pangestu.

Ketiga, Bos Sinarmas Franky Widjaja. Sedangkan yang keempat adalah Garibaldi Thohir atau Boy Thohir yang merupakan Kakak Menteri BUMN Erick Thohir.

Mereka membicarakan IKN sambil makan malam.

“Senang berdiskusi dengan senior-senior pengusaha sudah puluhan tahun berkiprah dalam perekonomian Indonesia, mendapatkan banyak pengalaman. Maju terus IKN,” tambahnya.

Sejumlah pengusaha RI bahu membahu membantu Jokowi dalam membangun IKN. Pengusaha tersebut tergabung dalam konsorsium yang dipimpin oleh Aguan.

Presiden Jokowi menyebut pengusaha itu menggelontorkan Rp 20 triliun untuk membantu Jokowi dalam membangun IKN.

Berikut daftar yang disebut Jokowi saat groundbreaking Hotel Nusantara

1. Sugianto Kusuma alias Aguan, Bos Agung Sedayu Group
2. Franky Wijaya, Bos Sinarmas Group
3. Prajogo Pangestu, Bos Barito Pacific
4. Eka Tjandranegara, Bos Mulia Group
5. Pui Sudarto, Bos Pulauintan
6. Boy Thohir, Bos Adaro
7. Kuncoro Wibowo, Bos Kawan Lama Group
8. Djoko Susanto, Bos Alfamart Group

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *