Ijazah Gibran Jadi Bahan Pergunjingan, Warga Net Ramai Menanyakan

Bandung, Matainvestigasi.com – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, masih belum terlepas dari perhatian warganet setelah debat putaran keempat. Kali ini, riwayat pendidikan Gibran menjadi salah satu topik utama warganet X, Kamis (25/01).

Topik ini berawal dari salah satu warganet X yang mengunggah foto ijazah perguruan tinggi Gibran. Dalam ijazah tersebut, Gibran tercantum lulus dengan nilai Second Class Honours Second Division.

Foto tersebut pun mengundang berbagai komentar dari warganet. Ada yang ‘nyinyir’ dengan capaian akademik Gibran yang dinilai buruk, ada pula yang mempertanyakan asal perguruan tinggi putra pertama Presiden Joko Widodo tersebut.

“Jadi Gibran di MDIS atau Bradford? Atau itu sama?” tanya salah satu warganet, dikutip Rabu (24/1/2024).

“Tapi di riwayat pendidikan Gibran, Gibran enggak pernah kuliah di Bradford,” ujar warganet lainnya merespons foto ijazah Gibran.

Dimana sebenarnya Gibran berkuliah?

Riwayat pendidikan Gibran Rakabuming Berdasarkan penelusuran dihalaman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), berikut adalah riwayat pendidikan cawapres berusia 36 tahun tersebut:

SD – SD Negeri Mangkubemen Kidul 16 1993-1999

SMP – SMP Negeri 1 Surakarta 1999-2002

SMA – Orchid Park Secondary School Singapore 2002-2004

SMA – UTS Insearch Sydney, Australia 2004-2007

S1 – Management Development Institute of Singapore (MDIS). 2007-2010.

Lalu, mengapa ijazah S1 Gibran dikeluarkan oleh University of Bradford padahal ia tercatat tidak pernah menempuh pendidikan di Inggris?

Berdasarkan penelusuran kami, University of Bradford Inggris pernah bermitra dengan MDIS. Berdasarkan unggahan di laman resmi MDIS, University of Bradford dan MDIS Singapura pernah melaksanakan acara wisuda pada 2017. Namun, saat ini MDIS tidak lagi bermitra dengan University of Bradford.

Menurut laman tanya-jawab resmi MDIS, jika mahasiswa dinilai oleh staf dan fakultas universitas mitra, maka gelar yang diterima mahasiswa MDIS sama dengan gelar yang diterima oleh mahasiswa di kampus universitas mitra.

Adapun, mitra universitas MDIS terlibat dalam pengajaran, penilaian, dan sertifikasi mahasiswa MDIS pada tingkat sarjana atau lebih tinggi. Maka dari itu, sertifikat atau ijazah yang diterima akan sama dengan yang diterima oleh mahasiswa kampus di universitas mitra.

Jika mengacu pada pernyataan tersebut, Gibran dinilai oleh staf dan fakultas University of Bradford. Dengan demikian, tak heran jika Gibran menerima ijazah dari kampus di Inggris tersebut. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *