Kasad Dan Chief Of Singapore Army Tutup Latma Safkar Indopura 2019

JAKARTA, Matainvestigasi.com – Setelah menyaksikan puncak Latihan Bersama (Latma) Safkar Indopura 2019, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dan _Chief Of Singapore Army_ Major General Goh Si Hou menutup latihan yang diikuti delegasi TNI AD dan _Singapore Army_.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya saat mendampingi Kasad, usai penutupan latihan di _Murray Urban Training Facility_ (MUTF), Kranji Camp III, Singapura, Selasa (24/9/2019).

Dikatakan Kadispenad, Latma Safkar Indopura ke-31 diselenggarakan oleh TNI AD dan _Singapore Army_ secara bergantian, dimana sebelumnya, pada bulan November 2018 diselenggarakan di Puslatpur 5 Marinir Baluran Situbondo, Jawa Timur.

“Sebagaimana sebelumnya, dalam latihan bersama ini, TNI AD dan _Singapore Army_ menyertakan satuan setingkat kompi. Delegasi TNI AD, sejumlah 169 orang,”ujar Candra

Selanjutnya Candra katakan, delegasi TNI AD yang berasal dari Brigif Mekanis 16/Wira Yudha dan dipimpin Letkol Inf Endra Saputra Kusuma itu, mengikuti latihan semenjak 17 September 2019.

“Sementara dari _Singapore Army_ berasal dari Brigif 3 Divisi 3. Melalui latihan bersama ini, kita tidak hanya saling berbagi pengalaman, pengetahuan, maupun teknik bertempur, namun juga membangun dan memperkuat visi yang sama, yaitu menjalin ikatan persaudaraan dan kemitraan strategis yang penting di Asia Tenggara, “ ujar Candra.

Sebelum memimpin upacara penutupan, lanjutnya, Kasad dan _Chief Of Singapore Army_ terlebih dahulu menyaksikan latihan puncak Latma di _Murray Urban Training Facility_.

“Kasad juga berkesempatan mengendarai Ranpur kebangaan SA yaitu Terrex,” jelas Candra.

Terrex merupakan kendaran tempur 8 x 8 jenis _Infantery Fighting Vehicle_ (IFV) yang digunakan oleh pasukan infanteri _Singapore Army_, dimana kendaraan tempur tersebut buatan kerjasama antara ST Kinetics dengan _Singapore Army_ dan _The Defence Science & Technology Agency_ (DSTA).

“Ranpur yang dapat mengisi ban secara otomatis dari dalam atau _Central Tyre Inflation System_ (CTIS) ini, juga terintegrasi dengan _Battle Management System_ (BMS) yang dapat menghubungkan alat komunikasi dan navigasi dengan pasukan yang tergelar,” tandasnya.

Setelah _Terrex Drive_, kedua pimpinan Angkatan Darat menuju ke lokasi upacara penutupan untuk menerima paparan tentang penyelenggaraan Latma.

“Usai paparan dilanjutkan dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kasad dan _Chief of Singapore Army_. Saat memberikan amanat, Kasad berharap, Latma Safkar Indopura ini dapat terus ditingkatkan,” ujar Candra.

“Tidak hanya sebagai wahana meningkatkan kemampuan, namun juga merupakan bentuk diplomasi militer kedua negara dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan di Asia Tenggara dan dunia,” imbuhnya.

Dikatakan juga oleh Candra, dalam amanatnya secara khusus kepada prajurit TNI AD yang ikut latihan, Kasad berpesan agar dapat menimba pengalaman dan pengetahuan selama Latma secara maksimal.

“Selain itu, agar para prajurit jajaran Brigif Mekanis 16 dari Kodam V/Brawijaya ini juga dapat melihat dan mempelajari kehidupan sosial para prajurit dan warga negara Singapura,” tegasnya.

Setelah upacara penutupan dilakukan penyerahan obor dan bendera Safkar Indopura dari _Major General_ Goh Si Hou kepada Jenderal TNI Andika Perkasa, sebagai tanda penyerahan penyelenggara Latma tahun depan dari _Singapore Army_ kepada TNI AD.

“Di hadapan Aspam dan Asops Kasad, serta Pangdam V/Brawijaya dan peserta Latma, Kasad berharap agar tahun depan, jumlah peserta TNI AD ditambah, sehingga semakin banyak yang memperoleh manfaat dari latihan ini,” pungkasnya.

Sehari sebelumnya, Kasad dan rombongan termasuk Kadispenad berkesempatan untuk berkunjung ke ST Engineering Singapura dan menyaksikan demonstrasi penggunaan senjata yang tidak mematikan _(non-lethal weapon)_. (Dispenad).#red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *