Gebrakan Masif Sektor 8 Citarum Harum, dari Edukasi Hingga Jambore Pentahelix

KAB. BANDUNG, MATAINVESTIGASI.COM – Untuk mengedukasi masyarakat tentang Program Citarum Harum, berbagai upaya secara bertahap dan berlanjut terus dilakukan hingga tiada batas. Salah satu upaya yang dilakukan Komandan Sektor 8 Kolonel Arm Nursamsudin, adalah mengelar Jambore Pentahelix di Taman Icon Sektor 8, Kampung Dara Ulin, Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pada rangkaian perhelatan tersebut, dilombakan pembuatan Konten YouTube serta dibagikan 40 Website Gratis Bagi UMKM. Sekitar 2500 orang dari berbagai element hadir pada acara tersebut, baik dari unsur Pemerintahan, TNI, Kepolisian, Akademisi, media serta masyarakat kampung Dara Ulin dan sekitarnya.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen melalui saluran telepon, Minggu (11/12/2022).

Lanjut dijelaskannya, kegiatan Lomba Content YouTube yang bertajuk “Citarum Harum Sukses, Citarum Milik Kita”, diadakan bertujuan untuk membangkitkan kepedulian dan peran serta masyarakat bawah dalam menjaga Sungai Citarum dari pencemaran melalui kreatifitas dan kemajuan teknologi.

Dalam ajang tersebut Dansektor 8 Citarum Harum menyediakan hadiah berupa sertifikat, Website gratis selama 1 tahun dan uang tunai masing-masing, Juara 1 sebesar Rp 3 juta, Juara 2 sebesar Rp. 2 juta dan juara 3 sebesar 1 juta rupiah.

Setelah dilakukan penilaian dan seleksi oleh panitia, ditetapkan 3 juara yaitu juara 1 kategori Channel Bere Nyaho dengan judul “Si Harum Di Citarum Harum” dari Sketsa Komedi Sunda Jangan Nyampah Titik.

Sedangkan juara kedua channel Kampung Musik Nanjung, dengan judul “Citarum Harum, Sungai Lokal Yang Menghipnotis Dunia”. Dan, juara ketiga diraih channel Penajournalis dengan judul “Kades Nanjung Apresiasi Kinerja CH Sektor 8”, #Citarum Harum Sukses, Citarum Harum Milik Kita.

Selain edukasi bagi masyarakat, lanjut Kapendam, Dan Sektor 8 Kolonel Arm Nursamsudin berinisiasi juga mendukung dan meningkatkan kualitas ekonomi UMKM di wilayah sektor 8, serta mengedukasi UMKM di tengah kemajuan teknologi saat ini, dengan membagikan 40 website gratis selama 1 Tahun.

“Empat puluh website tersebut akan aktif selama 1 tahun dengan ekstensi my.id serta kapasitas hosting dengan disk space sebesar 10 GB, Apply Google Analytic dan Google Search Console dengan Tools yang mumpuni di dalamnya, dan sangat powerfull sekali,” ujar Kapendam.

Sementara itu di tempat berbeda Dansektor 8 Citarum Harum kepada para pemenang lomba menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih. Dansektor berharap kemenangan yang diraih agar dilanjutkan ke kehidupan nyata. Para pemenang harus menjadi duta Citarum Harum melalui content yang dibuat.

“Citarum Milik Kita, sungai kebanggan warga Jawa Barat, dengan segala kemampuan dan kapasitas yang kita miliki, mari sama-sama menjaganya,” ucap Dansektor.

Dansektor menambahkan, Website bisa menjadi sarana berpromosi bagi para UMKM untuk meningkatkan penjualan dan branding produknya, para penerima website gratis ini tidak perlu khawatir dalam menggunakannya, pasalnya Satgas Sektor 8 akan memberikan training dan pelatihan terkait tatacara juga akan memberikan fasilitas WhatsApp Marketing.

“User bisa memanfaatkannya untuk melakukan kampanye massal dan promosi ke banyak nomor sekaligus, bisa membuat auto reply atau Bot sebagai pengganti costumer service dan lain-lain. Namun, syarat penggunaan WhatsApp Marketing ini harus diakses melalui PC maupun laptop,” terang Dansektor.

Ditegaskan Dansektor, bukan hanya untuk promosi jualan saja, WhatsApp Marketing ini bisa digunakan juga untuk menyebarkan informasi massal, makanya bagi masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan ke sungai Citarum, hati-hati jika ketahuan oleh pemilik WhatsApp Marketing ini, siapkan muka tebal untuk menanggung malu dan akan diberikan sanksi oleh Satgas Citarum Harum.

“Kami berharap ke depan, ekosistem alam dan ekonomi masyarakat di wilayah Sektor 8 Satgas Citarum Harum bisa meningkat,” imbuh Dansektor.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Pengelolaan sampah dan Limbah Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarvest, Rofi Al Hanif, Gubernur Jawa Barat diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Siska Gerpianti, Pangdam III Siliwangi diwakili Irdam III Siliwangi Brigjend TNI Dadang Abdurahman, Kapolda Jabar diwakili Danden Gegana Satbrimob Polda Jabar, Kompol Muhammad Syahrul, Ketua Harian Satgas PPK DAS Citarum, Mayjend TNI (Purn) Dedi Kusnadi Tamim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Dr. Prima Mayaningtyas, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusuma beserta jajaran Dansektor Satgas Citarum Harum.

Kapendam menambahkan pada acara tersebut juga dilakukan penanaman pohon oleh para pejabat yang hadir.

(Pendam III/Siliwangi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *